Sukses

Dukung Bisnis Fintech, Anak Usaha Telkom Bikin Finarya

Telkom melalui anak usahanya Telkomsel membentuk perusahaan financial technology yaitu PT Fintek Karya Nusantara.

Liputan6.com, Jakarta - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk atau Telkom (TLKM) melalui anak usahanya PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) membentuk perusahaan financial technology yaitu PT Fintek Karya Nusantara (Finarya).

Mengutip keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), seperti ditulis Senin (28/1/2019), pembentukan Finarya ini dilakukan untuk mendukung ekosistem Fintech yang sudah ada sebelumnya di Telkomsel.

Finarya menjadi entitas baru yang berada di bawah Telkomsel. Adapun pembentukan entitas usaha baru ini pada 21 Januari 2019.

"Pada 21 Januari 2019 telah disetujui akta pendirian PT Fintek Karya Nusantara oleh Telkomsel. Finarya adalah anak perusahaan Telkomsel yang bergerak di bidang penyelenggara jasa sistem pembayaran," ujar VP Investor Relations PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom), Andi Setiawan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Akuisisi Collega Inti Pratama

Sebelumnya, anak usaha Telkom yaitu Telkom Sigma merupakan anak perusahaan dari Telkom Indonesia yang bergerak di bidang penyediaan layanan ICT Solution akuisisi saham PT Collega Inti Pratama dari PT Upperco Usaha Maxima dan PT Abdi Anugrah Persada.

Dengan akuisisi tersebut, kepemilikan saham TelkomSigma terhadap PT Collega Inti Pratama mencapai 70 persen.

"Akuisisi ini dilakukan untuk memperkuat grup Telkom dalam memberikan solusi ICT kepada perbankan yang lebih terintegrasi dengan layanan ICT lain yang sudah dimiliki sebelumnya seperti data center, system integration dan sebagainya," ujar Andi.

Adapun penandatanganan jual beli saham dilakukan pada 28 Desember 2018. Seperti diketahui, PT Collega Inti Pratama merupakan perusahaan penyedia solusi ICT untuk perbankan dan lembaga keuangan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.