Sukses

United Tractors Beli Saham Suprabaru Mapanindo

PT United Tractors Tbk rogoh kocek sekitar US$ 45,73 juta untuk beli 80,1 persen saham PT Suprabaru Mapanindo Mineral.

Liputan6.com, Jakarta - PT United Tractors Tbk (UNTR) melalui anak usahanya PT Tuah Turangga Agung membeli 80,1 persen saham PT Suprabaru Mapanindo Mineral (SMM).

Anak usaha PT United Tractors Tbk tersebut telah menandatangani conditional shares and agreements (CSPA) dengan Vasse Holdings Pte Ltd, Saiman Ernawan, Eddy Winata dan PT Cipta Olah Alam Lestari pada 11 Oktober 2016.

Perseroan akan keluarkan dana US$ 45,73 juta atau sekitar Rp 596,86 miliar (asumsi kurs Rp 13.050 per dolar Amerika Serikat). Dana itu dari internal. Angka itu juga akan disesuaikan pada saat penutupan transaksi lantaran bergantung pada pemenuhan hak dan kewajiban penjual kepada Tuah Turangga Agung yang diatur dalam CSPA.

"Penutupan transaksi akan efektif setelah seluruh kondisi prasyarat yang ditetapkan dalam CSPA telah terpenuhi, yang disepakati tidak lebih dari enam bulan terhitung sejak penandatanganan CSPA," ujar Sekretaris Perusahaan PT United Tractors Tbk Sara Loebis.

Sara mengatakan, setelah penutupan transaksi efektif maka kepemilikan saham Tuah Turangga Agung di Suprabari Mapanindo Mineral sebesar 80,1 persen dari seluruh saham yang telah dikeluarkan dan disetor penuh pada SMM. Sara menambahkan, SMM memiliki cadangan 30 juta ton dan memiliki jenis batu bara coaking coal. "Penyelesaian transaksi belum dapat dipastikan," kata dia saat dihubungi Liputan6.com.

Pada penutupan perdagangan saham Jumat pekan ini, saham PT United Tractors Tbk turun 1,03 persen ke level Rp 19.200 per saham. Total frekuensi perdagangan saham 4.186 kali dengan nilai transaksi Rp 167 miliar. (Ahm/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.