Sukses

Ini Isi Surat Warren Buffett kepada Pemegang Saham Berkshire

Warren Buffett kembali merilis surat tahunan kepada pemegang saham Berkshire Hathaway.

Liputan6.com, New York - Warren Buffett kembali merilis surat tahunan kepada pemegang saham Berkshire Hathaway pada sabtu pagi kemarin. Dokumen ini memang selalu dikeluarkan setiap tahunnya dan dokumen yang paling banyak dibaca karena isinya memiliki wawasan yang luas, lucu dan terkadang kontroversial.

Ini adalah tujuh hal yang digarisbawahi oleh Warren Buffett dalam surat tersebut, seperti dikutip dari Yahoo Finance, Minggu (28/2/2016):

1. Berkshire memiliki kinerja baik di 2015, meskipun pasar saham tak begitu baik

Pada 2015 kemarin, industri pasar saham cukup datar. Saham Berkshire turun sekitar 12 persen dan merupakan penurunan terburuk sejak 2008.

Namun Buffett berfokus kepada laba yang didapat oleh perusahaan pada 2015 lalu yang mengalami pertumbuhan 6,4 persen, acuan yang selalu ia gunakan.

Laba yang ditorehkan oleh perusahaan tersebut di bawah 13 persen, rata-rata laba yang ada ditorehkan sejak resesi namun melampaui 1,4 persen imbal hasil yang dibukukan oleh Indeks S&P 500 dengan mempertimbangkan dividen.

Buffett menegaskan bahwa Berkshire akan membeli kembali saham jika nilai yang diperdagangkan di bawah nilai buku 1,2 kali. Saat ini nilai saham Berkshire diperdagangkan sekitar 1,3 kali dari nilai buku.

Surat tahunan Buffet juga membahas mengenai bisnis Berkshire yang menggurita di Amerika dan semakin mendunia. Contohnya adalah bisnis asuransi Berkshire yang memperoleh pendapatan US$ 4,9 miliar di tahun 2015, turun dari US$ 5,2 miliar di 2014.

Akan tetapi ada tambahan dana cukup besar untuk diinvestasikan oleh perusahaan asuransi milik Berkshire. Inilah mengapa bisnis asuransi tetap menggiurkan sebagai ladang keuntungan bagi pemegang saham Berkshire.

Pada tahun 2015 pula, bisnis Berkshire lainnya seperti energi, jalur kereta api, produk finansial, manufaktur dan ritel relatif memberikan keuntungan dibanding tahun sebelumnya.

2. Kandidat presiden AS salah mengenai perekonomian

Jangan harap untuk menemukan pembahasan mengenai minyak dunia, China, pertukaran nilai uang, maupun kebijakan moneter di surat Buffet ini. Buffet justru menekankan bahwa perekonomian domestik yang kuat, kendati para politisi berpikiran sebaliknya. Tahun ini, Buffet mengemukakan bahwa investor masih akan menemukan banyak peluang untuk mencetak keuangan di berbagai industri.

"Ini adalah tahun pemilihan, para kandidat tidak akan berhenti mengenai permasalahan negara ini. Alhasil dengan komentar-komentar negatif yang mereka lontarkan, para warga negara Amerika percaya bahwa keturunan mereka tidak akan bisa hidup sejahtera seperti mereka dahulu. Pikiran ini tentu salah besar. Para bayi yang lahir di Amerika Serikat saat ini adalah keturunan yang beruntung dalam sejarah," tulisnya.

3. Perubahan iklim menjadi tantangan

Dia menuturkan bahwa bisnis asuransi tidak akan terpengaruh oleh perubahan iklim dalam waktu dekat. Akan tetapi, dia percaya bahwa ancaman perubahan iklim terhadap lingkungan harus segera disikapi dengan langkah kongkrit.

4. Serangan teroris menjadi ancaman besar

Buffet tidak dapat memungkiri bahwa Berkshire menghadapi tantangan besar yang juga dihadapi oleh penduduk Amerika Serikat lainnya. Ancaman serangan teroris baik nuklir, senjata biologis dan kimia, serta serangan siber, menjadi bahaya terbesar yang dihadapi.

5. Produktivitas baik untuk masyarakat, tetapi memakan biaya

Tahun lalu, Buffet secara khusus membahas mengenai solusi mengenai pengangguran terkait perubahan paradigma produktivitas. Saat ini, kebijakan untuk meningkatkan industri padat karya dirasa cukup bijaksana.

6. Buffet mengapresiasi kemajuan teknologi

Walaupun mengapresiasi kemajuan teknologi dalam membantu kehidupan sehari-hari, tetapi Buffet ternyata tidak siap untuk memainkan aplikasi Tinder.

7. Rapat pemegang saham Berkshire akan ditayangkan secara langsung oleh Yahoo Finance

Seperti yang sudah diumumkan sebelumnya, Yahoo Finance akan menjadi tuan rumah dari rapat umum pemegang saham Berkshire pada tanggal 30 April tahun ini. "Charlie dan saya memutuskan untuk memasuki abad 21. Pertemuan tahunan kali ini akan disiarkan langsung melalui webcast." tutupnya. (Gdn/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.