Sukses

Benakat Integra Lepas Saham Anak Usaha ke Goldwater

Total transaksi penjualan saham itu sekitar US$ 7,35 juta atau sekitar Rp 97,07 miliar.

Liputan6.com, Jakarta - PT Benakat Integra Tbk (BIPI) melepas 21,51 persen saham kepemilikan BIPI dalam entitas anak PT Benakat Oil kepada Goldwater Indonesia Inc.

Perseroan telah menandatangani perjanjian jual beli saham bersyarat (conditional sale and purchase agreement/CSPA) dengan Goldwater Inc pada 12 Maret 2015.

Dalam CSPA itu, PT Benakat Integra Tbk telah sepat menjual dan mengalihkan kepada Goldwater Indonesia Inc. Goldwater berjanji untuk membeli dan menerima pengalihan dari BIPI atas 71,03 juta saham atau 21,51 persen kepemilikan BIPI pada PT Benakat Oil yang merupakan kepemilikan tidak langsung sebesar 20 persen pada PT Benakat Barat Petroleum.

Nilai transaksi tersebut disepakati sebesar US$ 7,35 juta atau sekitar Rp 97,07 miliar (asumsi kurs Rp 13.192 per dolar AS). Mengutip keterangan yang diterbitkan, Selasa (17/3/2015), transaksi pembayaran dilakukan secara tunai sekitar US$ 1,22 juta dan pendistribusian saham baru kepada PT Benakat Integra Tbk (BIPI) dengan jumlah saham yang sama dengan US$ 6,13 juta. Selain itu, terdapat perhitungan pembayaran lebih lanjut atas 2P cadangan minyak dan 2P cadangan gas pada area Baung.

Pengalihan PT Benakat Oil kepada Goldwater Indonesia Inc akan menjadi efektif setelah dipenuhinya seluruh persyaratan pendahuluan antara lain persetujuan prinsip dari SGX-ST terkait penerbitan dan pendistribusian consideration share Interra Resources Limited kepada perseroan.

PT Benakat Integra Tbk, salah satu perusahaan energi terintegrasi yang memiliki portofolio investasi dan aset pada beberapa sektor pertambangan mencangkup jasa infrastruktur batu bara dan sektor minyak gas bumi.

Transaksi saham BIPI stabil di kisaran Rp 103 per saham pada hari ini. Total frekuensi perdagangan saham sektiar 207 kali dengan nilai transaksi Rp 3,3 miliar.(Ahm/)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini