Sukses

United Tractors Ekspansi Garap Tambang Emas

PT United Tractors Tbk mengeluarkan sekitar US$ 2,56 juta untuk akuisisi 75,5 persen perusahaan yang bergerak di tambang emas.

Liputan6.com, Jakarta - PT United Tractors Tbk (UNTR) melalui anak usahanya PT Pamapersada Nusantara akan masuk bisnis tambang emas.

Perseroan telah menandatangani conditional shares and purchase agreement (CPSA) dengan PT Sumbawa Jutaraya dan PT Sumbawa Mas Persada pada 20 Februari 2015. Perseroan membeli 70 persen saham PT United Gold Resources Pte Ltd dari PT Sumbawa Jutaraya dan 5,5 persen saham-saham PT Sumbawa Mas Persada pada Sumbawa Jutaraya sebesar 5,5 persen. Nilai transaksi pembelian saham itu sekitar US$ 2,56 juta atau sekitar Rp 33,04 miliar (asumsi kurs Rp 12.863 per dollar Amerika Serikat).

Sekretaris perusahaan PT United Tractors Tbk, Sara Loebis menuturkan, pembelian saham-saham itu mengakibatkan kepemilikan saham Pamapersada Nusantara di Sumbawa Jutaraya menjadi 75,5 persen dari seluruh saham yang telah dikeluarkan dan disetor penuh.

Meski demikian, Sara belum dapat menjelaskan lebih detil mengenai pembelian saham tersebut. "Sementara ini kami tidak memberikan informasi di luar keterbukaan yang sudah disubmit karena masih tahap CSPA," ujar Sara lewat pesan singkat yang diterima Liputan6.com, Kamis (26/2/2015).

Ia mengatakan, pembelian saham masing-masing sebesar 70 persen dan 5,5 persen dari seluruh saham yang telah dikeluarkan dan disetor penuh pada Sumbawa Jutaraya bukan merupakan transaksi material sebagaimana diatur dalam peraturan Bapepam Nomor IX.E.2.

PT Sumbawa Jutaraya berada di Nusa Tenggara Barat. Perseroan telah melakukan kegiatan tambang di kabupaten Sumbawa yakni di blok Meas, Kecamatan Ropang dan Gapit kecamatan Empang seluas 10 ribu hektar. (Ahm/)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini