Dua Emiten Cari Investor Strategis untuk Tambah Modal

Oleh Agustina Melani pada 28 Mei 2014, 13:27 WIB
Diperbarui 28 Mei 2014, 13:27 WIB
Ilustrasi kerjasama
Perbesar
Ilustrasi Kerjasama

Liputan6.com, Jakarta - Dua emiten mengincar dana dengan mekanisme penambahan modal tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD)/private placement. Dana itu akan digunakan untuk ekspansi usaha dan modal kerja.

Pertama, PT Pakuwon Jati Tbk (PWON), perusahaan bergerak di usaha properti ini akan mengeluarkan saham sebanyak-banyaknya 4,81 miliar saham, jumlah saham itu setara 10% dari modal ditempatkan dan disetor penuh. Harga saham yang ditawarkan sebesar Rp 363 per saham.

Jadi total dana yang akan diraup lewat penambahan modal tanpa HMETD ini sekitar Rp 1,74 triliun. Dana hasil penambahan modal tanpa HMETD akan digunakan untuk mengembangkan usaha perseroan. Meski demikian, perseroan belum mengungkapkan investor strategis yang akan menyerap saham tersebut.

Setelah melakukan penambahan modal tanpa HMETD ini, jumlah modal ditempatkan dan disetor penuh meningkat menjadi Rp 1,32 triliun. Sebelumnya jumlah modal ditempatkan dan disetor penuh perseroan hanya Rp 1,2 triliun. Demikian mengutip dari keterangan yang diterbitkan perseroan, Rabu (28/5/2014).

Adapun risiko penambahan modal tanpa HMETD ini, kepemilikan saham perseroan mengalami dilusi sebesar 9,09%. Untuk melaksanakan aksi korporasi ini, perseroan akan meminta persetujuan pemegang saham pada 12 Juni 2014 dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB). Pada perdagangan saham, Rabu pekan ini, saham PWON bergerak di kisaran Rp 378 per saham.

Kedua, PT Bank Sinarmas Tbk (BSIM) juga akan melakukan penambahan modal tanpa HMETD. Perseroan akan melepas sekitar 1,31 miliar saham baru dengan nilai nominal Rp 100 lewat penambahan modal tanpa HMETD ini.

Dana hasil penambahan modal HMETD ini akan digunakan untuk modal kerja Perseroan.  Untuk melakukan aksi korporasi ini perseroan akan meminta persetujuan pemegang saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 13 Juni 2014.

Pemegang saham perseroan antara lain PT Sinar Mas Multiartha Tbk sebesar 57,14% dan PT Shinta Utama sebesar 2,77%, dan sisanya masyarakat. (Ahm/)


**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya