Sukses

Langkah United Tractors Genjot Penjualan Alat Berat

PT United Tractors Tbk membeli medium term notes (MTN) PT Surya Artha Nusantara Finance sebanyak Rp 250 miliar pada 24 April 2014.

Liputan6.com, Jakarta - PT United Tractors Tbk (UNTR) telah membeli sejumlah medium term notes (MTN) seri B PT Surya Artha Nusantara Finance (SanF) senilai Rp 250 miliar pada 24 April 2014.

Anak usaha grup Astra ini berencana melakukan lagi pembelian saham MTN seri C dan seri D sebanyak-banyaknya senilai Rp 500 miliar. PT Surya Artha Nusantara Finance menerbitkan empat seri MTN pada 18 Maret 2014.

 Empat seri MTN itu antara lain MTN seri A yang akan jatuh tempo pada 24 Maret 2017. Kedua, MTN seri B yang akan jatuh tempo pada 24 April 2016. Ketiga, MTN seri C yang akan jatuh tempo pada 3 Juni 2015. Keempat, MTN seri D yang akan jatuh tempo pada 24 Juni 2016.

MTN itu memiliki tingkat bunga tetap sebesar 6,5%. Sebelumnya perseroan telah MTN seri A sebanyak Rp 250 miliar. Demikian mengutip dari keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (28/4/2014).

"Pembelian dan penerbitan MTN ini untuk mendukung penjualan alat berat perseroan dengan cara dana yang diperoleh dari pembelian MTN akan digunakan untuk membiayai penjualan alat berat Perseroan kepada konsumen," ujar Sekretaris Perusahaan UNTR, Sara Loebis.

Sara  menambahkan, pembiayaan ini juga diharapkan dapat meningkatkan dan mempertahankan pangsa pasar alat berat Perseroan di tengah kompetisi sangat ketat dan harga komoditas melemah.

Selain itu, Sara menuturkan, ada sejumlah hal yang mendorong perseroan untuk melakukan transaksi dengan SanF. Pertama, secara bisnis untuk grup tentunya menguntungkan bagi pemegang saham perseroan. Kedua, dana yang diperoleh dari pembelian MTN hanya akan digunakan untuk pembiayaan penjualan alat berat Perseroan, dan bukan untuk tujuan lain. Ketiga, konsumen SanF untuk industri alat berat adalah juga merupakan konsumen Perseroan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini