Sukses

[MARKET REVIEW] Aksi Beli Investor Asing Topang IHSG

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) cenderung melemah tipis 0,55% dalam sepekan seiring dana asing masih masuk ke bursa saham Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berhasil ditutup menguat ke zona hijau pada pekan ini. Pada penutupan perdagangan saham Jumat pekan ini, IHSG naik 51,27 poin ke level 4.620.

Namun, indeks saham melemah tipis 0,5% dalam sepekan. Investor asing masih melanjutkan aksi beli di bursa saham menopang penguatan indeks saham.  Aksi beli investor asing sekitar Rp 1,2 triliun pada pekan ini.

Pada awal pekan memang belum ada sentimen kuat yang menggerakan indeks saham. Namun sejumlah rilis laporan keuangan emiten terutama grup Astra dan emiten pertambangan menjelang akhir pekan cukup menggerakkan indeks saham.

Sektor saham agriculture pun bergerak ceria pada pekan ini seiring harga minyak kelapa sawit/crude palm oil (CPO) yang menguat. Sementara itu, sektor saham keuangan dan pertambangan cenderung melemah.

Lalu apa yang terjadi dengan pergerakan indeks saham dalam pekan ini? Saham apa saja yang telah menggerakan dan menekan indeks saham? Berikut wawancara Liputan6.com dengan Kepala Riset PT Universal Broker Securities, Satrio Utomo: (Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.