Sukses

Piala Dunia 2022: Tiga Alasan Brasil Percaya Diri Kalahkan Korea Selatan

Liputan6.com, Jakarta - Brasil diprediksi akan mencapai perempat final Piala Dunia 2022 pada Selasa (5/12/2022) malam. Tim Samba diprediksi akan mengalahkan Korea Selatan yang mereka hadapi di Babak 16 Besar.

Tim asuhan Tite itu mengoleksi enam poin dari tiga pertandingan mereka di grup G untuk finis di puncak klasemen, mengalahkan Serbia dan Swiss sebelum kalah dari Kamerun.

Brasil adalah juara dunia lima kali, dengan kesuksesan terakhir mereka di Piala Dunia 2002. Memang, mereka telah tersingkir di perempat final dalam tiga dari empat partisipasi terakhir mereka, termasuk empat tahun lalu di Rusia.

Mengutip Sports Mole, ada beberapa alasan bagi tim negara Amerika Selatan itu untuk percaya diri maju ke delapan besar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kembalinya Neymar Beri Harapan

Neymar melewatkan dua pertandingan grup terakhir Brasil melawan Swiss dan Kamerun karena masalah pergelangan kaki yang ia hadapi melawan Serbia pada 24 November.

Pada saat itu, mengingat sifat cederanya, Piala Dunia bagi Neymar diprediksi akan berakhir. Namun, pemain berusia 30 tahun itu telah bekerja lembur dalam upaya untuk ambil bagian di Babak 16 Besar, dan dia berlatih pada Minggu menjelang laga melawan Korea Selatan.

Neymar kini akan berada dalam skuad melawan Korea Selatan, dengan sang penyerang juga disebut-sebut berada di starting XI.

Brasil sendiri memiliki banyak pemain luar biasa, dan pelatih Tite memiliki begitu banyak opsi pemain berkualitas di sepertiga akhir lapangan. Tetapi Neymar adalah pemain terpenting Brasil, dan dia akan bertekad untuk menambah enam gol dan tiga assist yang telah dia kelola di final Piala Dunia.

3 dari 4 halaman

Rekor Bagus

Rekor Brasil di Babak 16 Besat Piala Dunia sangat mengesankan. Dari tujuh pertandingan terakhir mereka di babak kompetisi ini, enam kemenangan datang dalam waktu normal.

Selecao belum pernah tersingkir di Babak 16 Besar Piala Dunia sejak 1990 melawan Argentina dan rekor itu seharusnya membuat mereka bertahan dengan baik menjelang pertandingan ini.

Mahkota Piala Dunia terakhir Brasil datang pada 2002, lolos perempat final pada 2006 dan 2010 sebelum finis keempat di Piala Dunia 2014 di kandang mereka.

Brasil tentu kecewa dengan penampilan empat tahun lalu mereka di Rusia, di mana hanya mencapai perdelapan final, tetapi mereka telah tersingkir di tahap 16 terakhir Piala Dunia hanya dalam dua kesempatan sepanjang sejarah.

Di sisi lain, Korea Selatan belum pernah mengalahkan tim Amerika Selatan di Piala Dunia. Mereka menderita kekalahan dalam empat dari enam pertandingan mereka, sementara mereka telah kehilangan enam dari tujuh pertandingan mereka melawan Brasil.

4 dari 4 halaman

Minim Kekalahan

Kekalahan 1-0 Brasil dari Kamerun terakhir kali sebenarnya terbukti menjadi kekalahan pertama mereka di kompetisi mana pun sejak kekalahan 1-0 dari Argentina di Final Copa America pada Juli 2021.

Tite membuat sejumlah perubahan untuk pertandingan melawan Kamerun, meskipun dengan tim nasional sudah maju ke Babak 16 Besar.

Brasil telah bermain 11 kali pada 2022, mencatat sembilan kemenangan. Sementara mereka hanya kalah dua pertandingan sejak akhir 2019, yang merupakan indikasi besarnya tugas menghadapi Korea Selatan di sini.

Seperti yang diharapkan, tim Tite dengan nyaman lolos ke final kompetisi ini, mengoleksi 45 poin dari 17 pertandingan berkat rekor 14 kemenangan dan tiga kekalahan, yang membuat mereka unggul enam poin dari Argentina.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.