Sukses

Mengenal Nilai-Nilai Pancasila dan Contoh Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-hari

Pentingnya penerapan nilai-nilai Pancasila terutama dalam kehidupan sehari-hari juga diajarkan sedini mungkin seperti di sekolah-sekolah.

Liputan6.com, Bandung - Pancasila merupakan dasar dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan diyakini sebagai ideologi, pandangan hidup, hingga kepribadian masyarakat Indonesia. Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila adalah ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan.

Pentingnya penerapan nilai-nilai Pancasila terutama dalam kehidupan sehari-hari juga diajarkan sedini mungkin seperti di sekolah-sekolah. Ada beberapa nilai-nilai pancasila yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari seperti mengutip dari Jurnal Kewarganegaraan oleh Yohana R U Sianturi dan Dinie Anggraeni Dewi.

1. Ketuhanan (Religiusitas)

Nilai ketuhanan atau religius menjadi nilai Pancasila yang pertama karena nilai ini berkaitan dengan setiap individu karena kepercayaan yang sakral, suci, agung dan mulia menjadi pemahaman untuk memahami Ketuhanan sebagai pandangan hidup. Maka dari itu, sebagai pandangan hidup nilai ini mewujudkan masyarakat yang berketuhanan.

Contohnya adalah tiap-tiap penduduk memeluk agama serta beribadat menurut dari agama serta kepercayaan yang dianut oleh masing-masing orang sehingga menjadi masyarakat yang beriman kepada Tuhan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Kemanusiaan (Moralitas)

Nilai kemanusiaan dalam Pancasila merupakan sebuah pembentukan untuk kesadaran mengenai keteraturan, asas kehidupan, dan juga menjadi manusia yang beradab. Karena masyarakat yang mempunyai kemanusiaan bisa lebih mudah menerima kebenaran dengan tulus, mengikuti tata cara dan pola kehidupan yang teratur.

Contoh dalam kehidupan sehari-hari nilai kemanusiaan membentuk pribadi yang bisa mengikuti pola kehidupan yang teratur dan mengetahui adanya hukum universal. Masyarakat juga bisa membentuk sikap hidup yang harmoni dan juga penuh dengan toleransi dan rasa damai.

3. Persatuan Indonesia (Persatuan)

Persatuan dalam nilai Pancasila mempunyai makna agar bisa mewujudkan bangsa Indonesia yang penuh kasih sayang dari segenap suku bangsa yang ada baik dari Sabang hingga Merauke. Tidak peduli darimana asalnya masyarakat tersebut jika menerimanya dengan baik dan hidup berdampingan menjadi salah satu bentuk nilai persatuan Indonesia.

Contohnya dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia terdiri dari suku bangsa yang beragam meskipun ada perbedaan tidak menjadikan hal tersebut sebagai suatu masalah justru masyarakat Indonesia bersama-sama membela negara dan hidup berdampingan dan menjadi persatuan yang utuh.

 

3 dari 3 halaman

4. Permusyawaratan dan Perwakilan

Menjadi makhluk sosial saat ini yang hidup berdampingan menjadikan interaksi antara satu sama lain sebagai salah satu kesepakatan dan juga untuk menghargai satu sama lainnya yang dimana mempunyai tujuan untuk kepentingan bersama.

5. Keadilan Sosial

Nilai keadilan sosial menjadi nilai Pancasila yang penting diterapkan dalam kehidupan sehari-hari karena nilai keadilan menjunjung norma berdasarkan dari ketidak berpihakkan, keseimbangan, dan juga pemerataan mengenai berbagai hal. Keadilan sosial ini untuk mendapatkan cita-cita bagi masyarakat Indonesia yang mendapatkan kesempatan yang sama terutama untuk tumbuh dan berkembang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.