Sukses

Piala Dunia 2022: Spanyol vs Jepang, Menimbang Asa Tim Samurai Biru Lolos ke Babak 16 Besar

Duel sengit Spanyol versus Jepang akan digelar di Stadion Internasional Khalifa pada Jumat (1/12/2022) pukul 02.00 WIB dini hari.

Liputan6.com, Jakarta - Duel sengit Spanyol vs Jepang akan digelar di Stadion Internasional Khalifa pada Jumat (1/12/2022) pukul 02.00 WIB dini hari. Pertandingan terakhir Grup E Piala Dunia Qatar 2022 ini akan menentukan nasib masing-masing tim untuk memperebutkan tiket ke babak 16 besar.

Pantas saja Grup E menyandang grup neraka, lantaran terdapat tim-tim papan atas di dalamnya, dua di antaranya Jerman dan Spanyol. Sedangkan Jepang dan Kosta Rika tak dapat dianggap remeh karena kerap kali membuat kejutan tak terduga.

Terbukti pada pertandingan pertama Grup E yang mempertemukan Jerman vs Jepang, tim Samurai Biru--julukan Jepang--sukses membungkam Jerman dengan skor tipis 1-2. Tapi Jepang mesti menelan kekalahan pada laga keduanya melawan Kosta Rika dengan skor 1-0.

Secara tidak terduga Kosta Rika mampu mengalahkan Jepang, tim yang telah menumbangkan Der Panzer--julukan Jerman--. Sedangkan pada laga Jerman vs Spanyol, pertarungan sengit itu berakhir imbang 1-1.

Alhasil, kini Spanyol menempati posisi teratas klasemen grup dengan 5 poin. Satu kali kemenangan kontra Kosta Rika dengan skor 7-0 dan imbang atas Jerman.

Menyusul Jepang dengan raihan 3 poin di posisi runner up. Tim samurai biru berhasil meraih kemenangan satu kali atas Jerman dan satu kali kekalahan atas Kosta Rika.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Skema

Menakar peluang Jepang untuk bisa lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Tim Samurai Biru harus menang di pertandingan fase grup kali ini melawan Spanyol.

Jika Jepang menang, maka kesempatan untuk lanjut ke babak 16 besar akan terbuka semakin lebar. Dengan raihan akhir 6 poin dan Spanyol menempati posisi kedua.

Lantas bagaimana jika Jepang mengalami seri atau bahkan kalah dari Spanyol, apakah tim Samurai Biru memiliki peluang masuk ke babak 16 besar Piala Dunia 2022?

Jepang sudah dipastikan angkat koper jika kalah dari Spanyol. Sedangkan bila seri, Jepang masih memiliki kesempatan untuk lolos, asalkan Kosta Rika kalah dari Jerman dengan skor tipis atau keduanya imbang.

3 dari 3 halaman

Klasemen

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.