Sukses

5 Rekomendasi Film Bertema Piala Dunia, Makin Menghayati 'Pesta Sepak Bola'

Berikut deretan lima film Piala Dunia yang bisa kamu tonton.

Liputan6.com, Yogyakarta - Tak hanya mengikuti jalannya pertandingan, menikmati euforia Piala Dunia 2022 juga bisa dinikmati dengan menonton film. Beberapa film bertema piala dunia sangat cocok dinikmati di tengah euforia pesta sepak bola empat tahunan ini.

Film-film ini ada yang diproduksi di era 1980-an hingga yang paling terbaru. Berikut deretan lima film Piala Dunia yang bisa kamu tonton:

1. G'olé! (1982)

G'olé! merupakan film dokumenter yang bercerita tentang Piala Dunia 1982 Spanyol. Saat itu, Italia telah menjadi juara Piala Dunia dua kali dan berpeluang meraih trofi ketiganya saat melawan Jerman Barat di final.

Film garapan Tom Clegg ini juga menyoroti pendatang baru Selandia Baru dan Kamerun, tim Afrika terbaik yang tampil di panggung dunia saat itu. Film ini merupakan film resmi Piala Dunia.

Mengutip dari laman FIFA, film berdurasi 90 menit ini menampilkan rekaman yang belum pernah dilihat sebelumnya dari lapangan, ruang ganti, dan meja makan. Bahkan, mendiang Paolo Rossi menyebut Piala Dunia tahun tersebut sebagai Piala Dunia paling mendebarkan yang pernah ada.

2. Two Billion Hearts (1995)

Film Two Billion Hearts membawa penonton kembali ke petualangan piala dunia Amerika Serikat. Film ini menampilkan berbagai emosi dan ekspresi para penonton di stadion dan lapangan.

Film ini disutradarai Murilo Salles. Ia menampilkan momen-momen terbaik Piala Dunia melalui mimik para penggemar.

 

 

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Seven Games from Glory (2002)

Seven Games from Glory menceritakan tentang pertandingan sepak bola dunia pertama yang memperebutkan Piala Dunia di Asia dan diselenggarakan bersama oleh dua negara. Film resmi Piala Dunia ini mengungkapkan dunia di balik pintu ruang ganti, perayaan kemenangan Senegal, doa Meksiko dan pembicaraan tim, hingga pembekalan wasit.

4. Pelé: Birth of a Legend (2016)

Seperti judulnya, film ini mendokumentasikan kisah nyata pencetak gol legendaris Brasil, Pelé. Film ini menceritakan perjalanan Pelé mulai dari tim sepak bola sekolah, mendaftar di program sepak bola, hingga akhirnya memenangkan Piala Dunia untuk negara tersebut.

5. FIFA Uncovered (2022)

Terbaru adalah FIFA Uncovered yang merupakan serial limited Netflix. Tontonan ini berisi empat episode dokumenter yang menceritakan berbagai peristiwa terkait sisi gelap organisasi FIFA.

Dalam setiap episodenya diceritakan tentang perebutan kekuasan hingga politik global. Selain itu, ada juga permasalahan terkait syarat menjadi tuan rumah Piala Dunia yang penuh intrik, seperti mencuatnya kasus korupsi dalam pemilihan Qatar untuk memenangkan hak sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022.

Tak hanya itu, serial ini juga menggambarkan berbagai kasus penyelewengan FIFA dalam penyelenggaraan Piala Dunia, seperti penipuan, penggelapan pajak, pencucian uang, dan lainnya.

(Resla Aknaita Chak)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.