Sukses

Piala Dunia 2022: Kontroversi Bendera Tak Utuh di Media Sosial Jelang Iran vs Amerika

Federasi Sepak Bola Amerika Serikat (USSF)sempat menampilkan bendera nasional Iran di media sosial mereka tanpa lambang Republik Islam.

Liputan6.com, Jakarta - Federasi Sepak Bola Amerika Serikat (USSF)sempat menampilkan bendera nasional Iran di media sosial mereka tanpa lambang Republik Islam. Hal itu diduga dilakukan AS sebagai bentuk solidaritas dengan pengunjuk rasa di Iran.

Sebelumnya pada Minggu (27/11/2022), akun Twitter dan Instagram sepakbola putra Amerika Serikat @usmnt, mengunggah informasi klasemen sementara Grup B Piala Dunia 2022 setelah melewati matchday kedua.

Selintas, tak ada yang aneh dalam unggahan tersebut, mengingat seluruh kontestan Grup B Piala Dunia 2022 disertakan akun di atas.

Namun, setelah ditelisik, akun @usmnt tidak menyertakan bendera Iran secara utuh. Dalam unggahannya, lambang negara Iran yang berbentuk empat bulan sabit dan sebilah pedang tidak disertakan akun di atas.

Adapun USSF kini telah menghapus grafik yang diunggah di akun Twitter, Instagram, dan Facebook resminya.

Tetapi, pihak Iran mengatakan ini tidak cukup dan telah menyerukan Amerika untuk menarik diri dari Piala Dunia sepak bola. Adapun bendera Republik Islam terdiri dari tiga pita horizontal berwarna merah, putih dan hijau dengan kata ‘Allah’ muncul dalam aksara di tengahnya.

Menurut pernyataan dari USSF, unggahan itu telah dihapus dari laman media sosial federasi sepak bola mereka.

Sebelumnya, unggahan itu dilakukan sebagai solidaritas kepada Mahsa Amini, wanita di Iran yang memperjuangkan hak asasi manusia dari tahanan polisi moralitas. Adapun Mahsa tewas di tangan Polisi Moral Iran usai ditangkap karena diduga melanggar aturan berpakaian ketat untuk wanita di Republik Islam tersebut pada 16 September lalu.

Namun pada Minggu sore, bendera Iran sudah kembali normal dengan lambang telah dipulihkan di Twitter, Facebook, dan Instagram. Untuk diketahui, AS dan Iran memutuskan hubungan diplomatik pada 1980.

Kedua tim sepak bola negara itu akan saling berhadapan dalam pertandingan penyisihan Grup B terakhir mereka. Laga Iran vs Amerika akan digelar di Stadion Al Thumama, Rabu (30/11/2022) pukul 02.00 WIB.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Aksi Diam Saat Lagu Kebangsaan Berkumandang

Sebelumnya, anggota Timnas Iran menolak untuk menyanyikan lagu kebangsaan negara mereka pada awal pertandingan pertama di turnamen melawan Inggris. Aksi pemain Timnas Iran itu dilakukan sebagai bentuk dukungan bagi para demonstran di negara mereka.

Namun, Timnas Iran diperingatkan bahwa mereka harus menyanyikannya dengan benar menjelang pertandingan kedua mereka melawan Wales.

3 dari 3 halaman

Klasemen Piala Dunia 2022

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.