Sukses

Tips Memilih Kamera CCTV untuk Keamanan Lingkungan

Cermati segenap pertimbangan ini dalam memilih CCTV.

Liputan6.com, Jakarta - Upaya menjaga keamanan lingkungan sangat penting untuk dilakukan. Salah satu caranya dengan penggunaan Closed Circuit Television (CCTV). CCTV dapat memantau segala aktivitas yang terjadi, meningkatkan pengawasan, serta menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

Banyak kisah dari masyarakat yang mengalami kehilangan barang karena tidak adanya CCTV. Sebagai contoh, seorang pelanggan e-commerce yang menggunakan salah satu jasa ekspedisi mendapati pesanannya telah dinyatakan diterima melalui sistem pelacakan.

Akan tetapi, setelah status paket menginformasikan telah diterima. Nyatanya, ia belum menerima paket tersebut. Kemudian, ia membuat laporan ke pihak terkait.

Sayangnya, laporan tersebut tidak diproses lebih lanjut. Hal ini karena ia kesulitan mendapatkan bukti bahwa paket tersebut belum dikirimkan karena di rumahnya tidak terpasang CCTV. Dari pengalaman pelanggan tersebut, dapat dirasakan penggunaan CCTV sangat penting.

Dengan perkembangan teknologi, CCTV dapat terkoneksi dengan internet dan dipantau melalui smartphone. Hal ini jelas memberikan kemudahan dan fleksibilitas dalam melakukan pengawasan secara real time atau langsung.

Lalu, apa saja yang menjadi pertimbangan dalam memilih CCTV?

Agar tidak salah dalam memilih, yang pertama harus dilakukan adalah sesuaikan dengan kebutuhan. Apakah untuk dipasang di rumah atau di lokasi bisnis.

Selanjutnya, di mana tempat pemasangannya, apakah outdoor atau indoor. Kemudian, ketahui spesifikasi dan fitur yang dibutuhkan. Terakhir dan yang menjadi terpenting juga adalah sesuaikan dengan budget.

“Surveilans merupakan salah satu variabel penting untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan lingkungan," kata Marketing Manager TP-Link Indonesia Aulya Elyasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini