Sukses

Pencarian Korban Gempa Cianjur Berlanjut Hari Ini, Fokus Cari 14 Orang yang Hilang

Tim SAR gabungan akan fokus mencari 14 warga yang dinyatakan hilang pascagempa bermagnitudo 5,6 yang melanda Cianjur pada Senin (21/11/2022) lalu.

Liputan6.com, Bandung - Memasuki hari ketujuh pencarian korban gempa Cianjur, hari ini, Sabtu (27/11/2022), tim SAR gabungan akan fokus mencari 14 warga yang dinyatakan hilang pascagempa bermagnitudo 5,6 yang melanda Cianjur pada Senin (21/11/2022) lalu.

Area pencarian tetap dibagi menjadi tiga worksite yaitu worksite 1 di sekitaran Warung Sate Shinta, worksite 2 di Cijedil dan worksite 3 di Kampung Cicadas yang dilaporkan masih ada laporan warga yang hilang.

Kepala Kantor SAR Bandung Jumaril selaku SAR Misson Coordinator menyebut hari ke-7 strategi pencarian korban gempa Cianjur yang dilakukan yaitu dengan memaksimalkan seluruh personel yang ada baik internal Basarnas ataupun potensi SAR alias relawan.

“Selain itu juga tim masih memberdayakan anjing pelacak untuk melakukan deteksi di tempat tempat yang dicurigai ada korban serta penggunaan life detector,” kata Jumaril melalui keterangan tertulis, Sabtu (27/11/2022).

Selain kedua startegi tersebut, tim SAR gabungan juga diharapkan bisa memaksimalkan alkon dan alat berat pada operasi SAR hari ke-7 sehingga dapat mengevakuasi 14 warga yang masih dinyatakan hilang.

 

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) 2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kendala yang Dihadapi

Menurut Jumaril, kendala yang dihadapi tim selama enam hari melaksanakan pencarian di lokasi yaitu terkait cuaca di lapangan, serta gempa susulan masih terjadi sehingga riskan dan perlu hati-hati.

“Oleh karenanya, Basarnas sudah menempatkan safety officer di setiap site-nya untuk memantau pergerakan yang sekiranya membahayakan tim SAR gabungan,” ungkapnya.

Jumaril mengimbau kepada seluruh tim SAR gabungan untuk memperhatikan kondisi fisik. Jika sudah lelah agar beristirahat, kita didukung oleh tim medis baik dokter atau perawat bagi seluruh tim SAR yang poskonya berada di Posko SAR gabungan.

Selain pelaksanaan operasi SAR juga ada pergerakan HR-3604 dan 1301 untuk dropping dukungan logistik berupa terpal, paket keluarga, paket balita, beras, dan air mineral ke Kampung Cikadal, Desa Nyalindung, Kecamatan Cugenang.

3 dari 3 halaman

Data Korban

Berikut status korban berdasarkan data posko utama.

Luka-luka: 7.729 orang

Mengungsi: 73.693 orang

Meninggal dunia: 318 Orang

Dalam pencarian: 14 orang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.