Sukses

Pencarian Korban Gempa Cianjur: SAR Gabungan Berhasil Temukan 8 Jenazah

Dari kedelapan korban yang ditemukan, enam di antaranya ditemukan di Desa Cijedil dan dua lainnya ditemukan di sekitar Warung Sate Shinta.

Liputan6.com, Bandung - Tim SAR gabungan kembali berhasil mengevakuasi jenazah korban gempa Cianjur, hari ini, Sabtu (26/11/2022). Hingga pukul 12.00 WIB, sebanyak jenazah ditemukan dari berbagai titik.

Kepala Kantor SAR Bandung Jumaril selaku SAR Mission Coordinator menyampaikan, dari kedelapan korban yang ditemukan, enam di antaranya ditemukan di Desa Cijedil dan dua lainnya ditemukan di sekitar Warung Sate Shinta.

“Selanjutnya korban dibawa ke RSUD Sayang untuk diidentifikasi oleh tim DVI,” kata Jumaril melalui keterangan tertulis, Sabtu (26/11/2022).

Sebelumnya, sejak pukul 07.00 WIB tim telah mulai melaksanakan briefing yang dipimpin oleh Kasie Operasi dan Siaga Kantor SAR Bandung, Supriono selaku On scene Commander (OSC) untuk selanjutnya melaksanakan operasi SAR.

Sementara pembagian worksite hari ini yaitu sebagai berikut. Worksite 1, pencarian di sekitar Warung Sate Shinta dengan shift pertama sebanyak 241 personel dan 5 anjing pelacak. Kemudian, shift kedua sebanyak 245 personel dan 4 personel technical search (life detector).

Untuk worksite kedua, pencarian difokuskan di Desa Cijedil RT 3 RW 1, Kecamatan Cugenang. Sebanyak 472 personel, 4 anjing pelacak, dan 4 personel technical search dikerahkan untuk wilayah ini.

Sedangkan, worksite ketiga difokuskan di Kampung Cicadas, Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang. Sebanyak 480 personel, 2 anjing pelacak dan 4 personel technical search dikerahkan untuk pencarian di wilayah ini.

Selain melaksanakan pencarian dan pertolongan, hari ini juga akan ada pergerakan HR-3604 dan Heli AW dalam rangka dropping dukungan logistik berupa terpal, paket keluarga, paket balita, beras, dan air mineral di Desa Nyalindung dan Kecamatan Cugenang.

“Adapun Jika korban ditemukan akan di evakuasi ke RS Sayang Cianjur menggunakan ambulans,” ucap Jumaril.

Adapun jumlah potensi SAR sebanyak 1.486 berasal dari Basarnas 176 personel, 207 instansi/organisasi, dan 21 dari tim K-9.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.