Sukses

Salat Ghaib, Doa, dan Zikir Bersama dari Sumut untuk Korban Bencana Gempa Cianjur

Salat ghaib dilaksanakan Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi bersama ratusan jemaah untuk korban bencana gempa Cianjur.

Liputan6.com, Medan Salat ghaib dilaksanakan Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi bersama ratusan jemaah untuk korban bencana gempa Cianjur.

Salat Ghaib dilaksanakan usai Salat Jumat di Masjid Gubsu, Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Jenderal Sudirman, Medan, Jumat, 25 November 2022.

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi mengatakan, Salat Ghaib mereka laksanakan terhadap korban yang wafat atas musibah gempa di Cianjur, Jawa Barat.

"Ini wujud rasa empati kita atas musibah yang menimpa saudara kita di Cianjur. Semoga mereka mendapat ampunan dan rahmat, serta wafat dalam keadaan syahid, Insya Allah husnul khotimah," kata Edy.

Edy Rahmayadi juga mengatakan, setiap musibah yang terjadi dapat dijadikan ibrah (pelajaran) bagi yang masih hidup, bahwa Allah SWT akan selalu menguji hamba-Nya. Apakah ujian itu membawa kesenangan atau kesusahan.

"Ujian itu memberi peringatan apakah kita bersyukur saat diberi kenikmatan atau tidak," ujarnya.

Orang nomor satu di Sumut itu juga menyampaikan, setiap peristiwa yang terjadi di muka bumi ini adalah atas kehendak Yang Maha Kuasa.

"Mari kita berdoa, semoga saudara kita di Cianjur diberi ketabahan dan kekuatan," ucapnya.

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Doa dan Zikir Bersama

Paguyuban Masyarakat Jawa Barat yang berada di Medan, bersama paguyuban etnik lainnya akan menggelar Doa dan Zikir Bersama sebagai ungkapan rasa simpati atas musibah yang terjadi di Cianjur.

Kegiatan Zikir dan Doa Bersama ini akan digelar Sabtu, 26 November, sekitar pukul 16,00 WIB, di Aaula Tengku Rizal Nurdin. Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi menyatakan, akan hadir.

3 dari 4 halaman

Korban Jiwa

Berdasarkan keterangan diperoleh Liputan6.com, tim gabungan kembali berhasil menemukan korban meninggal dunia, terdampak gempa Cianjur berkekuatan Magnitudo 5.6 yang menerjang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada Senin, 21 November 2022 lalu.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suharyanto menyebutkan, berdasarkan data sementara yang dihimpun, terjadi penambahan korban jiwa dan kerusakan infrastruktur.

"Jumlah korban meninggal 310 orang, yang masih belum ditemukan 24 orang. Kerusakan infrastruktur tidak begitu banyak berubah, tercatat penambahan di 363 sekolah, 144 tempat ibadah," kata Suharyanto saat memberikan keterangan pers di Kantor Bupati Cianjur, Jawa Barat, Jumat, 25 November 2022.

Korban yang berhasil ditemukan hari ini berjumlah 17. Bersamaan dengan itu, tim DVI Polri, Basarnas dan Pusat Krisis Kemenkes berhasil mengidentifikasi 21 jenazah dari data puskes dan desa, termasuk mendapatkan identitas dari korban jiwa yang sudah dikebumikan keluarga, sehingga total korban meninggal 310 jiwa.

4 dari 4 halaman

Terus Lakukan Pencarian

Terkait target pencarian korban hilang, Suharyanto menegaskan akan mencari sampai orang yang terdata hilang berhasil ditemukan.

"Sampai orang terakhir, tidak ada penurunan semangat, kekuatan, sarana prasarana, karena keselamatan rakyat untuk hukum tertinggi," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.