Sukses

Menikmati Wisata Tersembunyi di Kota Raha Sulawesi Tenggara

Kota Raha memiliki 4 kecamatan diantaranya Katobu, Balataiworu, Duraka, dan Lasalepa dengan berbagai potensi wisata

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah objek wisata di Kota Raha Sulawesi Tenggara menjadi salah satu rekomendasi para pelancong tanah air.

Kota Raha merupakan kota baru dari pemekaran Kabupaten Muna Sulawesi Tenggara. Bukan hanya wisata alam saja yang akan memanjakan mata saat mengunjunginya, terdapat wisata bangunan bersejarah yang ada di kota ini.

Diketahui Kota Raha memiliki 4 kecamatan di antaranya Katobu, Balataiworu, Duraka, dan Lasalepa dengan berbagai potensi tempat wisata di Kabupaten Muna.

Berikut kami sampaikan sejumlah rekomendasi wisata yang ada di Kota Raha maupun di Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara.

Telaga Biru Moko

Destinasi wisata yang satu ini terletak di Desa Walengkabola, Kecamatan Tangkuno, Kabupaten Muna. Telaga Biru Moko lebih sering masyarakat sekitar menyebutnya Danau Penyu memiliki pemandangan yang sangat eksotis.

Karena air Telaga Biru Moko ini terkenal sangat jernih sehingga pengunjung dapat melihat secara langsung dasar yang ada di pinggiran telaga.

Bagi wisatawan yang baru darang ke tempat destinasi ini sering menilai jika Telaga Biru Moko terlihat dangkal. Namun jangan salah, Telaga Biru Moko memiliki kedalaman 12 meter sampai ke dasarnya.

Oleh karena itu, bagi Anda yang baru mengunjungi Telaga Biru Moko diharapkan berhati-hati. Namun bagi Anda yang gemar berenang serta menyusuri indahnya bawah air, Telaga Biru Moko ini akan memberikan sensasi yang berbeda.

Di dalam danau ini, memiliki seekor penyu tua yang jinak dan sering kali menjadi penghibur bagi para penyelam dan menjadi daya tarik wisatawan.

Para penyelam kerap kali mengambil foto dengan penyu ini di dalam air dan mengambil spot foto lucu si penyu.

Kehadiran penyu jinak di telaga biru ini telah terkenal di antara wisatawan yang hobi menyelam.

Pemandian Air Mata Jompi

Mata air yang terletak di hutan kota Warangga Kecamatan Laende Kabupaten Muna ini menjadi sumber kehidupan bagi Kota Raha dengan kejernihan airnya sering dimanfaatkan warga sekitar.

Dari mata air ini Anda akan bisa melihat suatu pemandangan yang dapat menyejukan hati sampai menenangkan pikiran.

Mengapa demikian, karena air yang ada di lokasi destinasi ini berwarna hijau sehingga mampu menenangkan hati dan pikiran bagi yang berkunjung.

Maka tidak salahnya, mata air Jompi ini masuk ke dalam kantong lokasi wisata yang ada di Kota Raha, Kabupaten Muna.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Puncak Mangkeluno

Suasana hijaunya alam Kabupaten Muna dapat dirasakan di destinasi yang satu ini. Terletak di Desa Wabintingi, Kecamatan Lohia, Kabupaten Muna dan kalau dari Kota Raha kurang lebih 1 jam.

Menyajikan pemandangan hijaunya perkebunan ditambah ramahnya warga sekitar akan membuat waktu libur Anda menjadi sesuatu hal yang berbeda.

Bukan hanya itu saja, wisatawan juga dapat berfoto-foto di Puncak Mangkeluno karena terdapat spot-spot foto yang menarik.

Menariknya lagi, dari atas Puncak Mangkeluno Anda bisa menikmati pemandangan Selat Buton yang biru sambio ditemani hembusan angin di deatinasi yang satu ini.

Puncak Kars Masalili

Dari puncak bukit kapur ini Anda akan mendapat sajian dengan pemandangan alam yang sangat luar biasa.

Terletak di Desa Masalili, Kecamatan Kontunaga dengan memiliki jarak 20 menit dari Kota Raha. Belasan bukit kapur ini berdiri kokoh di antara perkebunan para petani dan bukit ini terlihat seperti gugusan bukit karst yang sangat terkenal di Guilin, China.

Daerah Puncak Kars Masalili sering dijadikan sebagai area wall climbing jika cuacanya cerah, tidak hujan.

Pantai Meleura

Banyak orang yang menyandangkan Pantau Meleura dengan Raja Ampat Papua. Nampaknya penyematan itu tidak salah karena Pantai Meleura tidak jauh berbeda dengan pemandangan alam yang ada di Raja Ampat.

Gugusan pasir putih ditemani air laut yang biru serta ombak yang tenang, Pantai Meleura sangat pas bagi Anda yang gemar beraktivitas air seperti berenang ataupun aktifitas air lainnya.

Pantai Meleura pun digadang-gadang menjadi lokasi wisata unggulan oleh pemerintah Kabupaten Muna. Hal itu tampaknya wajar disandangkan kepada Pantai Meleura.

Nah, dari penjelasan di atas sudahkah Anda tertarik mengunjungi sejumlah destinasi wisata di Kota Raha, Kabupaten Muna. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.