Sukses

Profil Mario Escobar, Wasit Pemberi Kartu Merah Pertama Piala Dunia 2022

Kartu merah itu diberikan wasit Mario Escobar kepada kiper Timnas Wales, Wayne Hennessey.

Liputan6.com, Jakarta - Wales harus menerima pil pahit pada laga kedua Grup B Piala Dunia Qatar 2022 di Ahmad bin Ali Stadium, Jumat (25/11/2022). Kalah 2-0 dari Iran, tim yang diperkuat Gareth Bale itu juga mendapatkan kartu merah.

Kartu merah itu diberikan wasit Mario Escobar kepada kiper Timnas Wales, Wayne Hennessey. Sang kiper pun menjadi pemain pertama yang mendapatkan kartu merah di Piala Dunia 2022 setelah membuat pelanggaran horor di laga kontra Iran.

Kiper Nottingham Forest itu awalnya hanya diberikan kartu kuning oleh wasit Mario Escobar, meski dihujani protes oleh pemain-pemain Iran.

Namun, keputusan itu akhirnya dianulir wasit setelah melakukan peninjauan ulang lewat Video Assistan Referee (VAR). Hennessey pun langsung diberikan kartu merah.

Ini adalah kartu merah pertama yang dikeluarkan selama Piala Dunia 2022 berlangsung sejak 18 November lalu. Dan pengusiran ini langsung berdampak buruk pada Wales.

 

 

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) 2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Siapa Mario Escobar?

Mario Escobar adalah seorang wasit dari Guatemala. Wasit berusia 36 tahun itu saat ini memimpin di Divisi Pertama Liga Guatemala.

Escobar sendiri telah terdaftar sebagai wasit FIFA sejak 2013.

Pengalaman pertamanya menjadi pengadil lapangan hijau di kompetisi internasional ketika ia menjadi wasit di Piala Emas CONCACAF 2019 serta Piala Dunia FIFA U-17 pada 2019.

Escobar juga memimpin final Piala Emas 2019 antara Meksiko dan AS, dengan Meksiko yang menang 1-0 di final di Soldier Field, Chicago.

Pada 2020, Escobar diminta untuk menjadi wasit final Liga Champions CONCACAF antara klub Meksiko, Universidad Autónoma de Nuevo León dan melawan Los Angeles FC. Tim Amerika Serikat itu sekarang dihuni oleh Gareth Bale.

Perlu diketahui, FIFA telah menunjuk 36 wasit dari 31 negara berbeda untuk memimpin laga di Piala Dunia 2022. Termasuk tiga ofisial wanita untuk pertama kalinya dalam turnamen sepak bola ini.

3 dari 3 halaman

Klasemen Piala Dunia 2022

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.