Sukses

Jersey Ikonik Brasil yang Dijauhi Fans Karena Dijadikan Alat Kampanye Poitik Presidennya

Bagi Timnas Brasil, baju berwarna kuning cerah dengan kerah berwarna hijau cerah adalah sebuah kebanggaan.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi Timnas Brasil, baju berwarna kuning cerah dengan kerah berwarna hijau cerah adalah sebuah kebanggaan. Namun dalam gelaran Piala Dunia 2022 Qatar, para penggemar jarang menggunakan jersey berwarna khas tersebut.

Melihat pakaian kuning khas Timnas Brasil, sebenarnya sudah sebuah ikon yang nyentrik dalam sepak bola. Namun saat ini para penggemar sudah tidak bisa melihatnya menjadi sama karena kontroversi sejak Presiden Jair.

Melansir dari NCPR, para penggemar Brasil sudah tidak bisa melihatnya menjadi salah satu yang bisa dibanggakan karena baju ini telah digunakan sebagai lambang merek politik nasionalismenya.

Adapun para pengikut presiden mereka yaitu Bolsonaritas telah menggunakan kaus tersebut dengan bendera Brasil dalam melaksanakan pawai serta aksi unjuk rasa. Pawai tersebut mengandung pesan-pesan agama yang konservatif, anti-LGBTQ, serta hak-hak pro-senjata.

Bahkan, para Bolsonaro meremehkan ketika pandemi corona dan menyaksikan jumlah kematian akibat Covid-19 . Kontroversi lainnya adalah ketika mereka mencoba menggugat hasil pemilu setelah otoritas pemilu mengumumkan kemenangan bulan lalu untuk saingannya.

Maka dari itu, sebagian para penggemar sepak bola Brasil sudah tidak bisa mengenakan jersey tersebut selama Piala Dunia tahun ini. Karena sulit jika sebuah partai politik telah mendominasi warna kaus tersebut.

“Saya tidak akan memakai yang hijau atau kuning,” kata salah satu penggemar.

“Sulit bahwa partai akhirnya mendominasi kaos kami,” ujar penggemar Brasil itu menambahkan.

 

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) 2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tanpa Rasa Khawatir

Meskipun begitu, para masyarakat Brasil juga masih tetap berharap agar bisa menggunakan kaus nasional yang khas tersebut sekali lagi tanpa rasa khawatir dikaitkan dengan partai-partai politik lainnya.

Adapun konfederasi sepak bola Brasil, CBF bersikap netral di bidang politik. Namun masih tetap meluncurkan kampanye kepada warga untuk tetap mendukung jersey dan tim.

 

3 dari 4 halaman

Brasil Menang

Melalui pertandingan Brasil vs Serbia semalam ternyata berhasil membawa Brasil kepada kemenangan dengan skor 2-0 dalam laga perdananya di Stadium Lusail Jumat (25/11/2022) dini hari.

Gol diberikan oleh Richarlison pada menit ke-67 dan berselang dari lima menit Richarlison berhasil kembali membobol gawang Serbia dengan tendangan akrobatik yang membuat para penonton terpukau.

4 dari 4 halaman

Klasemen Piala Dunia 2022

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.