Komitmen IKADIN Sulsel dan IAIN Parepare Tingkatkan Kualitas Pendidikan Hukum

Oleh Eka Hakim pada 24 Nov 2022, 19:08 WIB
Diperbarui 24 Nov 2022, 19:14 WIB
IKADIN Sulsel dan IAIN Parepare bekerja sama tingkatkan kualitas pendidikan hukum (Liputan6.com/Eka Hakim)
Perbesar
IKADIN Sulsel dan IAIN Parepare bekerja sama tingkatkan kualitas pendidikan hukum (Liputan6.com/Eka Hakim)

Liputan6.com, Parepare - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Advokat Indonesia (IKADIN) Sulsel dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare akhirnya menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) terkait kerjasama bidang pendidikan hukum. Penandatangan kerjasama tersebut berlangsung di Aula Rektorat IAIN Parepare, Kamis (24/11/2022).

Kerjasama yang terbangun meliputi Pendidikan Kemahiran Advokat (PKA) dan juga pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas mahasiswa dalam menganalisis isu-isu aktual dengan perspektif hukum yang mumpuni serta yang terpenting dapat memberikan input yang baik bagi kedua institusi tersebut.

Bagi IAIN parepare, tentunya kerjasama ini akan membantu pengembangan kualitas institusi baik dari aspek akreditasi maupun aspek sumber daya manusianya. Terlebih lagi mengingat saat ini, IAIN parepare akan membuka kelas Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) sehingga mahasiswa dapat terjun langsung dalam proses kerja profesi hukum selama satu semester. Dan hal ini dianggap dapat mengakselerasi kualitas mahasiswa kedepannya.

Dalam sambutannya Rektor IAIN Parepare, Dr Hananni mengatakan, kerja sama yang terbangun tersebut merupakan suatu kehormatan bagi Kampus IAIN Parepare. Ia berharap kerja sama yang terbangun ini dapat menjadi motivator bagi anak didik di Kampus IAIN Parepare. Para mahasiswa dan mahasiswi yang ada bisa menjadikan lawyer sebagai pilihan profesi setelah selesai kuliah nanti.

"Apalagi di tengah era keterbukaan saat ini tentu frekuensi masalah hukum ke depan pun berpotensi tinggi, sehingga profesi hukum kian menjadi penting," terang Hananni.

"Kami sangat berterima kasih atas kerja sama ini dan tentunya ini juga merupakan kehormatan bagi kami," Hananni menambahkan.

Hal senanda juga diungkapkan Ketua DPD IKADIN Sulsel, Abdul Kadir Wokanubun. Ia turut mengapresiasi terjalinnya kerjasama antara Kampus IAIN Parepare dengan IKADIN. Sebagai salah satu organisasi Advokat di Indonesia, IKADIN Sulsel memiliki mandat untuk mengembangkan minat serta profesionalisme dalam penegakan hukum.

Dengan adanya penandatangan MoU antara IAIN Parepare bersama DPD IKADIN Sulsel ini, kemudian ditindaklanjuti dengan MoU PKA (Pendidikan Kemahiran Advokat).

"Kami menilai ini sebagai bentuk kepedulian dalam meningkatkan keilmuan terkhusus dalam dunia hukum," tutur Kadir. Kami sangat mengapresiasi Pak Rektor dan ini merupakan bentuk kerjasama yang baik," Kadir menandaskan

Dalam kegiatan penandatangan MoU antara IAIN Parepare bersama DPD IKADIN Sulsel, turut hadir jajaran rektorat serta pihak pimpinan Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam yang diwakili oleh Wakil Dekan I, Dr. Aris.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya