Sukses

Wisata Medis Malaysia Lirik Pasar Indonesia

Ada sekitar 87 rumah sakit swasta di Malaysia yang sudah membuka pelayanan kesehatan untuk pasien internasional.

Liputan6.com, Samarinda - Setelah hampir dua tahun Malaysia menutup pintu masuknya akibat pandemi Covid-19, sejak 1 April 2022 lalu kembali dibuka untuk para turis mancanegara. Baik yang hendak berwisata maupun untuk keperluan medis.

Director Marketing Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC) Farah Delah Suhaimi mengungkapkan, dalam periode transisi menuju endemi Covid-19 di Malaysia, pelancong tidak perlu lagi menjalani karantina maupun PCR dengan syarat wajib sudah menerima dua dosis vaksinasi Covid-19.

Artinya, dengan dibukanya perbatasan tersebut, berbagai rumah sakit dan perjalanan wisata berbasis kesehatan menyambut baik kedatangan pelancong dari seluruh negara termasuk Indonesia.

Biasanya, sambung Farah, orang Indonesia yang datang ke Malaysia itu untuk melakukan pengobatan. Mulai dari pengobatan jantung, kanker, bayi tabung, dan medical cek up (MCU). Sebelum Covid-19 melanda, ada sekitar 670 ribu warga Indonesia yang berobat ke Negeri Jiran tersebut.

“Jadi kami MTHC datang berjumpa untuk memberikan informasi bahwa rumah sakit untuk pasien dari Indonesia yang ingin berobat ke Malaysia, kini aksesnya telah di buka dan sudah kembali berjalan seperti waktu sebelum Covid-19,” kata Farah di Hotel Mercure Samarinda, Selasa (22/11/2022).

Farah menambahkan, ada sekitar 87 rumah sakit swasta di Malaysia yang sudah membuka pelayanan kesehatan untuk pasien secara internasional. Di antaranya, Ramsay Sime Darby Healthcare, Sunway Medical Centre, Gleneagles Hospital Penang, dan Island Hospital Penang.

Terkait kontak person (informasi) dapat menghubungi langsung agen-agen MHTC yang sudah tersebar di seluruh Indonesia. Lebih lanjut, terdapat beberapa mitra wisata medis, salah satunya Sarawak Tourism Board (STB).

 

 

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pulau Borneo Jadi Incaran

Manager Communications Gustino Basuan menjelaskan, Serawak merupakan salah satu pulau yang berdekatan dengan kepulauan Borneo yakni Kalimantan Utara (Kaltara), Kalimantan Barat (Kalbar), dan Kalimantan Selatan (Kalsel).

Oleh karena kedekatan logistik antara Kuching, Serawak dengan Kalimantan, maka menjadi harapan besar jika Kalimantan Timur (Kaltim) khususnya Kota Samarinda dan Balikpapan untuk dapat mempromosikan Serawak sebagai tempat wisata terdekat.

Diakui Gustino memang, fasilitas penerbangan dari Kaltim ke Kuala Lumpur belum ada. Kendati demikian, perundingan dengan Negara, Jakarta, dan Kementerian Perhubungan terus diupayakan. Sehingga di masa mendatang memperbolehkan pelancong kedua negara antara Indonesia-Malaysia lebih aktif.

“MHTC di Indonesia sudah banyak aktivitas. Bukan saja Pulau Borneo tetapi di Sumatera hingga Pulau Jawa. Antusias agen ramai berminat. Mereka bertanya tentang bagaimana kita boleh lanjut. Apalagi ada persamaan budaya, tempat, tariat adat, makanan, selain daripada bahasa. Termasuk memikirkan tarikan lain yang mungkin tidak ada di sini dan akan membawa datang ke sana,” Gustino menandasi.

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini