Sukses

Kisah Govin Zulhelmi, Konten Kreator Asal Medan Raup Cuan Lewat Hobi Traveling

Hobi jalan-jalan ke lokasi wisata atau traveling tidak selalu menghabiskan uang, namun bisa menjadi lahan cuan yang bisa dicoba. Seperti yang dilakukan konten kreator asal Kota Medan, Govin Zulhelmi.

Liputan6.com, Medan Hobi jalan-jalan ke lokasi wisata atau traveling tidak selalu menghabiskan uang, namun bisa menjadi lahan cuan yang bisa dicoba. Seperti yang dilakukan konten kreator asal Kota Medan, Govin Zulhelmi.

Kepada Liputan6.com, Selasa (22/11/2022), Govin menceritakan awal mula dirinya bisa meraup cuan dari hobi traveling. Memulai perjalanan sejak 2019, Govin aktif mengabadikan momen di akun YouTube, aktif melakukan perjalanan, hingga kini dapat endorse produk.

Govin mengaku, memulai perjalana dari destinasi lokal. Dia tertarik mengulas cerita lokal dan mengabadikannya lewat video, lalu dibagikan di akun YouTube pribadinya. Bermula dari YouTube, dia kemudian mendapat penghasilan dari endorse produk.

"Nah, hasil dari situ aku bisa memulai perjalanan ke Kuala Lumpur, Malaysia. Saat traveling, saya menyinggahi pantai," sebutnya.

Diungkapkan Govin, pantai adalah tempat wisata favorit saat melakukan petualangan. Kemudian dia menjelajah dari Pulau Sabang, Jawa, hingga Lombok. Bahkan, dia berkeinginan untuk mengeksplorasi Indonesia lebih luas lagi.

"Indonesia bagian timur, saya sangat pengin sekali mengeksplore," ujarnya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cari Tiket Murah

Govin Zulhelmi mengaku, sebagai seorang solo traveller, biasanya mencari tiket pesawat murah, dan untuk mendapatkan tiket murah butuh perjuangan.

"Saya aktif mencari dan membanding semua aplikasi. Saya biasa mencari di waktu yang pas untuk dapat harga murah. Penerbangan murah itu di tengah malam," sebutnya.

Govin berbagi tips untuk melakukan liburan murah. Salah satunya memanfaatkan diskon pembayaran di aplikasi. Untuk transportasi, Govin menyarankan untuk sewa kendaraan.

Apalagi jika bisa melakukan penawaran lebih murah, agar kantong gak boncos. "Saya lebih suka nyewa kendaraan, suka nawar. Kalau anak solo traveling biasanya jago nawar. Jangan malu nawar," ungkapnya.

3 dari 4 halaman

Peduli Fasilitas Umum

Bagi Govin, berpetualang di luar daerah membuatnya menjadi pribadi yang peduli dengan fasilitas umum di berbagai tempat wisata. Kemudian menjadi pengalaman yang mengesankan.

"Setiap kali menapaki destinasi favorit di wisata lokal, kesannya menjadi berbeda. Suatu saat nanti, berharap fasilitas serupa bisa diterapkan di Medan," ujarnya.

"Setiap wisata ke luar daerah itu, hal yang dinantikan adalah pulang. Pulang menjadi tujuan di setiap perjalanan," sambungnya.

Tidak hanya berkesempatan melihat indahnya alam, Govin mengaku berwisata ke daerah yang memiliki spot pantai adalah hal yang menyenangkan. Sebab, di alam semua terjaga.

"Pantai, gunung dan hutan. Sungai dan air terjun, semua tempat berkesan itu pernah saya kunjungi. Lombok menjadi salah satu tempat yang berkesan," bebernya.

4 dari 4 halaman

Perjalanan Membentuk Karakter

Govin menuturkan, perjalanan membentuk dirinya menjadi seorang konten kreator di Medan. Namun, perencanaan keuangan penting dilakukan sebelum memutuskan bepergian.

Untuk mendapatkan penghasilan, Govin biasanya menerima tawaran endorse dari brand produk. Selain itu, dia juga berstatus karyawan di salah satu perusahaan di Medan.

"Untuk biaya perjalanan, saya gunakan dari penghasilan kerja sama dengan brand dan punya usaha sate taichan untuk menambah uang pemasukan setiap bulan," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.