Sukses

Pesona Pagi di Puncak Bukit Tabuliti Bonebol dengan Keindahan Panorama Danau Perintis

Meskipun belum dinobatkan sebagai objek wisata, lokasi ini sudah menjadi primadona di kalangan para pegiat alam.

Liputan6.com, Gorontalo - Satu lagi spot cantik Kabupaten Bone Bolango (Bonebol), Provinsi Gorontalo, yang wajib dikunjungi. Namanya Puncak Tabuliti. Puncak ini mulai hits di media sosial lantaran banyak dikunjungi.

Meskipun belum dinobatkan sebagai objek wisata, lokasi ini sudah menjadi primadona di kalangan para pegiat alam. Bahkan para konten kreator, kerap menjadikan lokasi ini sebagai tempat untuk membuat konten.

Menariknya, dari atas puncak tersebut kita bisa melihat langsung hamparan pepohonan hijau yang masih asri. Selain itu, suara burung dikala pagi hari menambah kesan yang eksotis saat berada di puncak ini.

Yang tidak kalah menarik saat berada di puncak ini, kita bisa melihat langsung hamparan indahnya Danau Perintis. Kabut pagi yang menyelimuti pun, memberikan sensasi sejuk yang begitu luar biasa.

"Tidak hanya danau dan hamparan pepohonan hijau yang masih asri, kita juga bisa melihat langsung pegunungan," kata Eeris Anunu kepada Liputan6.com, Selasa (22/11/2022).

Lokasi ini berada dekat dengan pusat pemerintahan Kabupaten Bonebol. Hanya membutuhkan waktu 10 menit dari kantor Bupati Bonebol, kita sudah bisa sampai di lokasi.

Selain jaraknya dekat, akses untuk menuju lokasi spot ini, bisa dijelajahi dengan menggunakan roda dua maupun roda empat. Pengunjung bisa menyusuri jalur aspal dengan melewati hutan.

"Akses dekat, mudah dijangkau. Tetapi agak sedikit masuk hutan, meskipun melintas di jalur aspal," tuturnya.

Sementara itu, Bupati Bonebol, Hamim Pou mengatakan, jika tempat itu sudah dilirik. Nantinya kedepan itu akan dipadukan dengan wisata danau perintis.

"Puncak itu terlihat langsung jika kita berada di danau perintis. Mudah-mudahan kedepan bisa dikembangkan sekaligus dengan wisata danau," kata Hamim.

Meski begitu, kata Hamim, puncak tabuliti harus dijaga dengan baik. Jangan mengotori tempat itu, musabab belum ada pengelolanya.

"Bisa berkunjung, akan tetapi mari jaga kebersihan. Itu merupakan kawasan hutan tempat habitat satwa endemik," ungkapnya.

Hamim mengaku, jika Kabupaten Bonebol punya komitmen untuk membangkitkan sektor pariwisata. Namun dengan keterbatasan anggaran, banyak pembangunan yang terpaksa harus di pending.

"Kalau ini digarap oleh pemda bonebol, kayaknya tidak bisa. Harus ada intervensi Kementerian Parekraf," ia menandaskan.

Simak juga video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.