Sukses

Dua Perusahaan Top Dukung Program Magang Sekolah Vokasi Undip

Perusahaan galangan kapal mengaku tiap tahun merekrut 400 karyawan baru

Liputan6.com, Semarang - Dua perusahaan besar nasional sepakat membuka ruang untuk magang secara penuh bagi mahasiswa Sekolah Vokasi Undip selama satu semester. Mereka adalah perusahaan galangan kapal (BUMN) PT Dok dan Perkapalan Kodja Bahari serta PT Haleyora Power, anak perusahaan PT PLN di bidang operation & maintenance pada jaringan transmisi dan distribusi kelistrikan.

Kesepakatan kerja sama antara Sekolah Vokasi Undip dengan PT Dok dan Perkapalan Kodja Bahari dan PT Haleyora Power ditandatangani di Dekanat Sekolah Vokasi Undip, Senin (21/11/2022). 

Kerja sama ini adalah langkah konkrit Program MBKM Magang atau Praktrik Industri bagi para mahasiswa Sekolah Vokasi Undip.

Direktur Utama PT Haleyora Power, Sinung Triwulandari, menyebut kerja sama ini tidak hanya mengasah kemampuan teknis mahasiswa, tetapi juga kemampuan nonteknis mahasiswa. 

"Program magang di industri juga membuat mahasiswa mendapatkan pola pikir industri,” kata Sinung Wulandari.

Hal ini tak didapatkan mahasiswa di kampus. Dengan magang ini diharapkan bisa kerja sama dan berkembang menjadi kegiatan yang saling mendukung dan saling menguntungkan bagi PT Haleyora Power dan Sekolah Vokasi Undip.

Sementara itu Direktur Operasional PT Dok dan Perkapalan Kodja Bahari, Ari Rochmat, mengungkapkan sebagai BUMN yang bidang usahanya sangat spesifik, Kodja Bahari berharap kerja sama dengan Sekolah Vokasi Undip bisa lebih spesifk. Karena Sekolah Vokasi Undip memiliki Prodi Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Konstruksi Perkapalan. 

“Setiap tahunnya kami membutuhkan 400 karyawan baru. Dengan adanya kerja sama ini, ke depan kita berharap rekurtmen memiliki basis sumber daya manusia yang lebih berkompeten,” kata Ari Rochmat.

Kerja sama tersebut bisa berlangsung salah satunya karena dukungan para alumni yang tergabung dalam Ikatan Alumni Program Terapan (IAPAT). Ketua Umum DPP IAPAT Undip, Suyoto, mengatakan para alumni Sekolah Vokasi Undip ikut berperan dalam terwujudnya kerjasama ini.

Dekan Sekolah Vokasi Undip, Prof Dr Ir Budiyono MSi, mengaku bersyukur dengan makin banyaknya industri yang bekerjasama dengan Sekolah Vokasi Undip. 

“Di Sekolah Vokasi Undip program magang berlangsung selama 6 bulan, ini sungguh tidak mudah mengimplementasikannya. Namun dengan bantuan berbagai pihak seperti IAPAT dan kalangan industri, kami bersyukur bisa mewujudkannya,” katanya.

Selaku Dekan, Prof Budiyono berharap para mahasiswa Sekolah Vokasi Undip yang lulus bisa langsung kerja. 

“Memang kerja sama dengan industry bukan hanya untuk pemagangan, tapi juga kolaborasi dalam kegiatan penelitian dan pengembangan Iptek," katanya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.