Sukses

Sering Terlibat Kecelakaan, Pelajar Butuh Edukasi Aman Berlalu Lintas

Salah satu cara untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas dengan memberikan edukasi dan pemahaman soal safety riding kepada para remaja khususnya para pelajar SMA.

Liputan6.com, Balikpapan - Jiwa muda, terlebih emosi yang masih labil banyak dialami oleh para remaja, khususnya mereka yang masih duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA). Kondisi ini yang sangat berbahaya ketika sedang berkendara di jalan raya. Aksi kebut-kebutan, serta tidak aman saat berkendara dapat menimbulkan hal fatal, salah satunya kecelakaan lalu lintas.

Untuk itu, sosialisasi dan pelatihan edukasi aman berkendara perlu dilakukan terhadap mereka yang masih di usia sekolah. Seperti yang dilakukan oleh PT Pamapersada Nusantara (PAMA). Melalui program Corporate Social Responsibilty (CSR) perusahaan, pihaknya menggelar kegiatan sosialisasi dan edukasi bertema "Aman Berkendara serta Aman Berlalu Lintas" dengan sasaran para pelajar SMA/SMK di Balikpapan.

Operation Head PT Pamapersada Nusantara Sulasman didampingi CSR Officer Aziz Kusuma Aji menjelaskan, kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari yakni pada 16-17 November ini pihaknya berkolaborasi dengan AHM. Dengan menyambangi SMK Negeri 1 Balikpapan dan SMA Negeri 7 Balikpapan, untuk diberikan pengetahuan dan ilmu berkendara bagi pelajar. Agar dalam praktiknya, pelajar yang merupakan generasi penerus bangsa bisa lebih patuh dan tertib berlalu lintas. Karena semua itu berhubungan dengan keselamatan berkendara.

"Kami berterima kasih kepada kepala sekolah SMK Negeri 1 dan SMA Negeri 7, dan tim AHM sehingga kegiatan sosialisasi dan edukasi safety riding ini bisa terlaksana dengan baik," ungkap Sulasman.

Dirinya memastikan, kegiatan positif ini akan rutin dilaksanakan setiap tahun sebagai realisasi program CSR perusahaan di bidang pendidikan sekaligus wujud kepedulian perusahaan terhadap pelajar. "Ini sebagai wujud kepedulian kami terhadap keselamatan para siswa-siswi generasi penerus bangsa," imbuhnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bantu Sukseskan Program Pemerintah

Dengan program Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas (IAABL) ini, perusahaan berupaya membantu pemerintah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, sekaligus sebagai bentuk menyukseskan program pemerintah 'SMK Link & Match'.

"Dengan program ini pula kita turut mendukung pemerintah menyosialisasikan aman berkendara dan aman berlalu-lintas, sebagai antisipasi atau langkah preventif mencegah terjadinya kecelakaan di jalanan," ujar Sulasman.

Sementara itu, Kepala SMA Negeri 7 Balikpapan Muryanto mengapresiasi program CSR PT Pamapersada Nusantara dan AHM di sekolahnya. Dengan begitu, siswanya mampu memahami aturan terkait keselamatan berkendara sehingga mampu mengimplementasikannya.

"Siswa adalah penerus generasi bangsa. Sehingga upaya apa pun untuk menyelamatkan dan mencegah mereka dari musibah kecelakaan di jalan adalah hal yang baik dilaksanakan," ungkap Muryanto.

Dalam kesempatan sosialisasi dan edukasi tersebut, ada 70 siswa yang hadir di masing-masing sekolah. Selain safety riding, PT Pamapersada Nusantara dan AHM juga membagikan helm kepada siswa dan suvenir kepada siswa yang beruntung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini