Sukses

6 Fakta Menarik Menjelang Magrib, Film yang Masuk Kompetisi Molins Film Festival di Barcelona

Menjelang Magrib hadir dengan judul 'Before Night Falls' untuk distribusi Internasional

Liputan6.com, Yogyakarta - Film Menjelang Magrib garapan Helfi Kardit telah resmi tayang pada 31 Maret 2022. Film yang menjadi debut akting Novia Bachmid, penyanyi jebolan Indonesian Idol, ini pun telah sukses masuk dalam kompetisi Molins Film Festival di Barcelona, Spanyol.

Molins Film Festival merupakan festival film bergenre horor yang mempertemukan para sineas horor di dunia. Tahun ini, Molins Film Festival telah digelar pada 4-14 November 2022 lalu.

Sementara itu, Menjelang Magrib hadir dengan judul 'Before Night Falls' untuk distribusi Internasional. Film ini telah ditayangkan dalam kompetisi tersebut pada 10 November di La Peni Theater Molins De Rei.

Mengutip dari berbagai sumber, terdapat beberapa fakta menarik tentang film ini. Berikut deretan fakta film Menjelang Magrib:

1. Diambil dari kisah nyata

Film Menjelang Magrib merupakan film yang membahas seputar hal mistis dan takhayul yang beredar di masyarakat. Disebutkan bahwa film ini ternyata terinspirasi dari kisah nyata.

Hal tersebut membuat film ini memuat pesan moral tentang seorang perempuan muda yang mengalami gangguan jiwa hingga mendapat banyak teror mistis. Karena berangkat dari kisah nyata, pesan moral dalam film ini pun dapat diterima dengan mudah.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Isu Budaya

2. Memuat isu budaya

Beberapa budaya di Indonesia masih meyakini bahwa waktu menuju maghrib sering dikaitkan dengan takhayul dan peristiwa yang bersinggungan dengan hal mistis atau gaib. Banyak masyarakat yang percaya bahwa jika seseorang berlalu-lalang ketika menjelang maghrib, maka ia akan dirasuki oleh mahluk halus, seperti yang tergambar dalam film ini.

3. Disutradarai oleh penggarap film 'Hantu Bangku Kosong' dan 'Lantai 13'

Sebelum menelurkan film Menjelang Maghrib, Helfi Kardit diketahui telah menggarap beberapa film horor lainnya. Dua di antaranya adalah film Hantu Bangku Kosong dan Lantai 13 yang sempat meraih kepopuleran pada tahun penayangannya.

4. Film debut Novia Bachmid

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, film ini merupakan debut akting Novia Bachmid. Novia tampil sebagai pemeran utama bernama Nina.

Nina merupakan seorang wanita yang mengalami gangguan jiwa karena mengalami beberapa fenomena gaib dalam dirinya. Hal itu membuat penduduk setempat menyebutnya gila yang akhirnya membuat dirinya harus dipasung dan dikurung.

5. Bertabur aktor dan aktris pendatang baru

Selain menjadi film debut Novia Bachmid, film ini juga menjadi film debut bagi para aktor dan aktris pendatang baru. Beberapa nama baru dalam dunia perfilman, seperti Jeffry Reksa, Fajar Kurniawan, dan Annette Deorda, turut mewarnai film Menjelang Maghrib.

6. Dibintangi aktris senior Tien Kadaryono

Tak hanya para pendatang baru, film ini juga dibintangi aktris senior Tien Kadaryono. Tien Kadaryono merupakan seorang aktris senior yang pernah membintangi acara televisi Tutur Tinular hingga Wiro Sableng.

Dalam film Menjelang Maghrib, Ia berperan sebagai Nenek dari Nina. Ia memerankan sosok nenek yang tak pernah menyerah untuk merawat Nina dengan segala keterbatasannya.

(Resla Aknaita Chak)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.