Sukses

Tekan Kriminal, Pemkot Bandung Anggarkan Rp24 Miliar untuk Lampu Jalan dan CCTV

Pemkot Bandung akan memperbanyak lampu dan kamera pengawas di sejumlah kawasan dengan harapan bisa menekan kerawanan kriminalitas.

Liputan6.com, Bandung - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung kabarnya bakal memperbanyak lampu penerangan jalan hingga kamera pengawas di sejumlah kawasan kota guna menekan kerawanan atau potensi tindak kriminal semisal begal. 

Pemkot Bandung bahkan disebut menganggarkan senilai Rp 24 miliar untuk pengadaan Penerangan Jalan Umum (PJU), Penerangan Jalan Lingkungan (PJL), dan CCTV.

"Di anggaran (APBD) perubahan untuk PJU dan PJL serta ada juga untuk CCTV sudah kita siapkan. Karena faktanya kejadian kejadian itu (kriminalitas) bisa terekam CCTV," kata Wali Kota Bandung, Yana Mulyana dalam keterangannya, Kamis (17/11/2022).

Yana mengatakan, tambahan penerangan maupun kamera pengawas akan disesuaikan dengan kebutuhan wilayah, terutama di kawasan-kawasan gelap karena pohon rindang.

"Terutama di kawasan pohon rindang seperti Cipaganti dan Setiabudi memang banyak yang terhalang, tapi karena sekarang pake LED. Insyaallah Baguslah," jelas Yana.

Yana mengaku sangat prihatin dengan peristiwa kejahatan yang menyebabkan dua pria tewas di kawasan batas kota, Jalan Sudirman, Kota Bandung, Rabu (16/11/2022) dini hari.

"Saya prihatin, saya juga mengingatkan kepada warga untuk berhati-hati dan tidak memaksakan berpergian di malam hari," imbau Yana.

Yana memastikan pemasangan PJU dan PJL akan berkordinasi dengan seluruh instansi di lingkungan Pemkot Bandung agar maksimal. "Saya sudah panggil Kadishub dan Dinas Pertamanan, untuk berkordinasi menerapkan PJU dan PJL," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.