Sukses

Longsor Tutup Jalan Provinsi di Malalak Agam, Akses Jalan Kota Padang-Bukittinggi Terputus

Jalan provinsi yang menghubungkan Kota Padang menuju Bukittinggi via Kecamatan Malalak, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, tertimbun tanah longsor.

 

Liputan6.com, Agam - Longsor melanda Agam, Sumatera Barat, Selasa (15/11/2022). Akibatnya jalan provinsi yang menghubungkan Kota Padang menuju Bukittinggi via Kecamatan Malalak, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, tertimbun tanah longsor sehingga tidak bisa dilalui kendaraan. Bencana tanah longsor terjadi usai daerah itu dilanda hujan lebat.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam, Bambang Warsito mengatakan, tanah longsor itu terjadi di Batu Apik, Nagari Malalak Timur, Kecamatan Malalak.

"Material longsor berupa lumpur bercampur batu menutup jalan provinsi dengan tinggi 1-3 meter dan panjang 7-10 meter," katanya.

Ia mengatakan saat ini jalan tidak bisa dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat.

Jalan Malalak-Sicincin untuk sementara ditutup karena kondisi tanah masih labil dan berisiko jika dilalui kendaraan.

"Tidak ada korban jiwa akibat kejadian itu karena jalan dalam kondisi sepi dari kendaraan," katanya.

Ia menambahkan BPBD Agam melakukan koordinasi dengan pihak nagari dan kecamatan.

Setelah itu, berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Agam dan Balai Jalan untuk menangani tanah longsor yang menimbun badan jalan itu.

"Kita telah melakukan koordinasi dengan dinas terkait untuk menurunkan alat berat dalam membersihkan material tanah longsor," katanya.

Bambang mengimbau warga untuk meningkatkan kewaspadaan saat hujan deras melanda daerah itu dengan cara tidak melewati daerah rawan longsor, agar tidak ada korban jiwa.

"Hindari melewati daerah rawan longsor seperti Batu Apik Malalak dan daerah lainnya saat hujan lebat," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.