Sukses

Geliat Festival Musik di Indonesia, Ada 3 Konser yang Batal Digelar

Gagalnya festival musik ini disebabkan oleh banyak hal, mulai dari keamanan hingga ketidakjelasan promotor.

Liputan6.com, Yogyakata - Setelah sempat vakum selama pandemi, panggung musik di Indonesia mulai kembali bergema pada pertengahan 2022. Berbagai konser dan festival musik pun mulai berlomba menampilkan musik terbaiknya dengan menggandeng berbagai musisi.

Sayangnya, tak semua festival musik tersebut berjalan sesuai rencana. Sejumlah festival musik tercatat batal digelar, baik yang menampilkan musisi lokal maupun mancanegara.

Gagalnya festival musik ini disebabkan oleh banyak hal, mulai dari keamanan hingga ketidakjelasan promotor. Berikut tiga konser musik batal digelar:

1. Berdendang Bergoyang Festival, Jakarta

Festival musik bertajuk Berdendang Bergoyang yang dijadwalkan digelar pada 28-30 Oktober 2022, tercatat batal di hari ketiga. Festival yang digelar di Istora Senayan Gelora Bung karno, Jakarta, ini batal lantaran pihak polisi mencabut izin penyelenggaraan pada hari ketiga.

Pembatalan ini didasari atas dalih keselamatan dan keamanan penonton. Hal ini lantaran ada potensi gangguan ancaman terhadap keselamatan penonton.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fosfen Music Festival, Bandung

2. Fosfen Music Festival, Bandung

Pembatalan festival musik selanjutnya merupakan yang cukup fenomenal. Fosfen Music Festival yang rencananya digelar di Laswi City Heritage, Bandung, pada 12-13 November 2022 diumumkan batal tepat pada hari H acara.

Festival musik tersebut mendadak batal digelar tanpa pemberitahuan yang jelas. Namun, melalui akun Instagram @fosfen.festival, disebutkan bahwa acara musik tersebut ditunda hingga awal tahun 2023 mendatang.

Hingga kini, promotor Fosfen Music Festival hanya menyampaikan adanya penundaan konser tanpa memberikan alasan yang jelas. Mereka juga mengatakan akan membuka laman khusus untuk pengembalian tiket.

Acara yang diduga gagal digelar lantaran pendanaan ini justru mendapat konfirmasi dari salah satu investor. Investor MyMedia membantah pembatalan event karena penarikan dana.

3. Konser KPop We All Are One, Jakarta

Konser bertajuk KPop We All Are One di Stadion Madya Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, yang dijadwalkan akan digelar pada 10-12 November 2022 batal digelar. Melalui akun Instagram resminya @weallareone_official, konser ini akan ditunda hingga Januari 2023 mendatang.

Kabarnya, festival ini batal digelar dengan alasan untuk memberikan penghormatan atas tragedi Halloween di Itaewon. Namun, pembatalan ini menuai banyak kecaman dari penonton karena penundaannya yang dilakukan secara mendadak.

Tak hanya itu, media sosial Twitter juga tengah dihebohkan soal promotor yang sering membatalkan beberapa konser dengan alasan yang tidak jelas.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.