Sukses

Presiden Jokowi dan Presiden UEA Resmikan Masjid Sheikh Zayed Solo

Presiden Jokowi dan Presiden UEA, Mohammed bin Zayed Al Nahyan meresmikan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo, hadiah Presiden UEA untuk Presiden Jokowi.

Liputan6.com, Solo - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohammed bin Zayed Al Nahyan (MBZ) meresmikan Masjid Raya Sheikh Zayed di Solo, Senin (14/11/2022). Masjid megah yang berdiri di atas bekas lahan depo Pertamina, Gilingan itu merupakan hadiah dari MBZ yang juga Putra Mahkota Abu Dhabi kepada Presiden Jokowi.

Pantauan Liputan6.com, Presiden Jokowi dan Presiden MBZ duduk dalam satu mobil Mercedes Benz berplat nomor UEA. Mantan Wali Kota Solo itu tampak duduk di sebelah kanan sedangkan Presiden MBZ duduk di sebelah kiri. Mereka tiba di lokasi peresmian masjid sekitar pukul 07.15 WIB.

Setelah turun dari mobil, Presiden Jokowi tampak menyapa dan melambaikan tangan kepada ratusan warga yang telah rela menunggunya sejak pagi hari. Usai menyapa warga, Presiden Jokowi langsung menyambangi Presiden UEA dan mempersilakan untuk berjalan menuju masjid.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto tampak menyambut kedatangan kedua presiden tersebut. Sedangkan di belakang presiden, tampak Menteri BUMN, Erick Thohir dan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka can pejabat lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Keakraban Jokowi dan MBZ

Presiden Jokowi dan Putra Mahkota Abu Dhabi tampak penuh keakraban dan kehangatan saat berjalan memasuki bangunan utama masjid tersebut. Selanjutnya, mereka berdua langsung melaksanakan salat sunat tahiyatul masjid usai memasuki masjid yang mulai dibangun pada Maret 2021 silam.

Setelah salat, prosesi peresmian pun ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Presiden Jokowi dan Presiden MBZ. Prosesi peresmian sangat singkat dan tidak ada sambutan maupun pidato. Kemudian prosesi dilanjutkan dengan penanaman pohon Sala di taman sebelah utara Masjid Sheikh Zayed Solo.

Sebelum meninggalkan masjid, kedua pemimpin itu tampak berfoto bersama dengan latar belakang bangunan masjid yang merupakan replika bangunan The Sheikh Zayed Grand Mosque di Abu Dhabi, UEA. Usai foto berdua, kemudian masing-masing pejabat dari kedua negara tampak ikut berfoto bersama.

3 dari 3 halaman

Gibran Ikut Foto Bersama

Pejabat dari Indonesia yang ikut dalam sesi foto bersama itu terlihat Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto dan putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka yang juga Wali Kota Solo. Bahkan, Pangeran MBZ sempat menggandeng tangan Gibran dan terlibat pembicaraan singkat sebelum sesi foto bersama di mulai.

Setelah rangkaian prosesi peresmian masjid selesai, kemudian Presiden Jokowi dan Presiden MBZ meninggalkan lokasi menuju kediaman pribadi Presiden Jokowi di Sumber, Banjarsari, Solo. Agenda kedua pemimpin negara itu melakukan sarapan pagi bersama. Presiden Jokowi tampak didampingi Gibran, putra bungsunya Kaesang Pangarep dan menantunya, Bobby Nasution.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini