Sukses

HKN ke-58, RSUD Beriman Balikpapan Makin Lengkap dengan CT Scan dan Laboratorium PCR

Dalam memperingati HKN ke-58 RSUD Beriman Balikpapan menerima hibah bangunan dan peralatan laboratorium PCR serta meresmikan fasilitas kesehatan jantung berteknologi tinggi yakni Echocardiografi dan CT Scan.

Liputan6.com, Balikpapan - Fasilitas penunjang perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Beriman Balikpapan, Gunung Malang, terus dilengkapi. Bertepatan dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional yang ke-58 pada tahun 2022 ini rumah sakit tersebut secara resmi dilengkapi dengan fasilitas kesehatan jantung berteknologi tinggi yakni Echocardiografi dan CT Scan.

Peresmian fasilitas itu pun dilakukan oleh Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud yang didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan Andi Sri Juliarty serta unsur forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda).

Adanya fasilitas ini diharapkan akan memudahkan proses pengobatan khususnya penyakit jantung bagi warga Kota Balikpapan. Selain peresmian itu, RSUD Beriman Balikpapan juga mendapat bantuan hibah dari PT Pamapersada Nusantara, berupa bangunan laboratorium dan alat Polymerace Chain Reaction (PCR).

Penyerahan bantuan hibah tersebut diterima langsung oleh Rahmad Mas’ud, didampingi Ketua DPRD Balikpapan Abdulloh dan sejumlah unsur Forkopimda Kota Balikpapan.

Rahmad Mas’ud memberikan apresiasi kepada PT PAMA yang telah menghibahkan bangunan laboratorium dan PCR yang bermanfaat di RSUD Beriman, meskipun saat ini kasus Covid-19 sudah melandai, namun alat tersebut masih sangat bermanfaat karena juga bisa mendeteksi penyakit-penyakit lain.

“Kami terus berupaya untuk mewujudkan pelayanan kesehatan yang baik dan cepat, salah satunya dengan menambah fasilitas- fasilitas kesehatan, salah satunya kita tadi meresmikan Puskesmas Karang Jati dan PSC 119,” ungkapnya.

Rahmad mengatakan, penambahan fasilitas kesehatan ini sejalan dengan visi misi Pemkot Balikpapan dibidang kesehatan, contohnya hibah alat PCR dari PAMA yang membuat RSUD Beriman mampu bersaing dengan rumah sakit swasta dan memiliki alat -alat kesehatan yang terbaru dan terbaik.

“Terima kasih kepada seluruh warga Balikpapan dan perusahaan-perusahaan dalam berkomitmen membantu fasilitas kesehatan,” ucapnya.

Operation Head PT Pamapersada Nusantara Balikpapan, Sulasman menjelaskan, laboraturium dan peralatan PCR tersebut sudah ada sejak 2020 lalu. Awalnya, sebagai bentuk kerja sama pelayanan pasien dari RSUD dan karyawan PT Pamapersada Nusantara yang ingin tes kesehatan melalui PCR.

“Jadi bareng-bareng kami kerja sama termasuk perizinannya dengan RSUD Beriman. Kalau dinilai total hibahnya ini sekitar Rp 4-5 miliar. Dan sebagai warga Balikpapan, PAMA memiliki tanggung jawab untuk membantu,” timpal Sulasman.

Setelah hibah ini, PT Pamapersada Nusantara dan RSUD Beriman akan melaksanakan perjanjian kerja sama ekslusif.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

CT Scan Teknologi Terbaru

Plt Direktur Utama (Dirut) RSUD Beriman Balikpapan dr Ahmad Jais, mengatakan, Echocardiografi dan CT Scan yang baru diresmikan ini merupakan teknologi ini yang pertama hadir di Kalimantan Timur. Secara spesifik alat ini dapat memberikan gambaran 4 dimensi sehingga lebih jelas dalam mendiagnosa permasalahan kesehatan jantung.

“Ada teknologi yang lain tapi maksimal 3 dimensi. Fasilitas ini murni berasal dari APBD Kota Balikpapan,” ungkap Jais.

Jais menjelaskan, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota. Karena alat CT Scan yang termasuk teknologi paling canggih ini, menjadi parameter wujud dari pelayanan kesehatan yang terbaik bagi masyarakat.

“Fasilitas CT Scan yang kini dioperasikan di RSUD Beriman Balikpapan merupakan fasilitas berteknologi tinggi dengan 280 slice atau dapat memberikan gambaran jaringan yang lebih kompleks, sehingga dapat membantu para dokter, di dalam melakukan terapi,” terangnya.

Lanjut Jais, fasilitas ini bisa dinikmati semua golongan termasuk warga peserta BPJS.

“Tentu, kalau sesuai indikasi dan membutuhkan pemeriksaan tersebut. Ya mudahan masyarakat semakin terlayani, tidak harus dirujuk ke luar kota,” dia menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini