Sukses

Menikmati Keindahan Pasir Putih di Pantai Kelapa Tuban

Dari arah Jakarta atau Semarang, bisa mengambil arah Manunggal Raya hingga Pertigaan Manunggal Utara ambil jalan lurus dan ikuti petunjuk arah untuk menuju pantai ini.

Liputan6.com, Jakarta - Wilayah Kelurahan Panyuran Kecamatan Palang Kabupaten Tuban Jawa Timur menawarkan wisata pantai dengan hamparan pasir putih yang membuat betah.

Pantai Kelapa berjarak sekitar lima kilometer ke arah timur dari pusat kota dan berjarak 300 meter di sisi utara jalan raya ini menjadi salah satu destinasi wisata idola di Bumi Wali. Wisatawan bisa melakukan banyak hal menarik di pantai tersebut.

Rute menuju tempat wisata Pantai Kelapa Tuban ini cukup mudah. Dari arah Jakarta atau Semarang, bisa mengambil arah Manunggal Raya hingga Pertigaan Manunggal Utara ambil jalan lurus nantinya akan ada petunjuk yang mengarahkan ke Pantai Kelapa Tuban.

Begitu juga dari arah Surabaya, bisa mengambil arah Paciran lurus terus sampai menemukan lokasi pantai di Desa Panyuran, Kecamatan Palang tersebut.

Meski telah ada sejak lama, Pantai Kelapa mulai dikelola secara serius pada awal tahun 2017 lalu dan terus bersolek hingga kini. Lebih mengesankan, pantai tersebut dikelola masyarakat sendiri.

Segala sesuatu termasuk retribusi dan penataan dilakukan oleh warga Kelurahan Panyuran. Tempat parkirnya cukup luas. Biaya parkir untuk mobil Rp 5 ribu dan Rp 2 ribu untuk sepeda motor.

Selanjutnya, cukup dengan membayar tiket masuk Rp 10 ribu, sudah dapat menikmati keindahan Pantai Kelapa. Untuk menjadi salah satu destinasi wisata favorit, Pantai Kelapa yang dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) ini harus melalui proses panjang.

Sebelumnya, Pantai Kelapa banyak dihiasi sampah yang berserakan di sepanjang kawasan tersebut. Bertahun-tahun terbengkalai tanpa pengelola yang mau bertanggung jawab atas wisata tersebut.

 

Saksikan video pilihan berikut ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fasilitas

Beberapa warga yang sadar akan potensi Pantai Kelapa dan jengah atas cibiran yang dari tahun ke tahun tidak ada perubahan memutuskan untuk bergerak bersama. Kerja keras tersebut membuahkan hasil manis. Dikatakan, Pantai Kelapa saat ini sudah banyak dikenal baik itu di dalam maupun luar Tuban.

Semua berkat kerja keras warga sekitar yang didukung penuh oleh seluruh stakeholder yang ada. Berbagai macam fasilitas tersedia di Pantai Kelapa, seperti arena outbond, flying fox, kuda, kolam renang, motor roda empat All Terrain Vehicle (ATV), dan berbagai pilihan spot menarik untuk berswafoto. Selain itu, kita bisa bermain pasir pantai dan bersantai menikmati pemandangan laut dari dermaga yang cantik.

Pada akhir pekan atau momen-momen tertentu, pengunjung juga dapat menikmati pertunjukan musik secara langsung. Di Kawasan pantai tersebut terdapat pula panggung yang bisa digunakan untuk berbagai kegiatan.

Para pecinta kuliner tidak perlu khawatir karena banyak tersedia warung-warung makan di sekitar pantai dengan menu yang sangat beragam. Selain pusat kuliner, juga tersedia berbagai macam oleh-oleh khas Tuban.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.