Sukses

Resep Mudah Es Ketan Hitam Mango, Lembut dan Gurih di Lidah

Ketan hitam adalah beras hitam yang mengandung jumlah kalori kira-kira sama dengan nasi putih.

Liputan6.com, Bandung - Ketan hitam adalah beras hitam yang mengandung jumlah kalori kira-kira sama dengan nasi putih. Hanya saja ketan hitam mengandung antioksidan antosianin yang tinggi, sehingga dapat memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Ketan hitam juga mengandung zat besi, protein, karbohidrat, serat, vitamin E, serta mineral seperti kalium, natrium (sodium), magnesium, dan zinc.

Manfaat dari ketan hitam adalah sebagai detoksifikasi alami, karena ketan hitam mengandung fitonutrien yang mampu membantu membersihkan tubuh dari penyakit yang menyebabkan racun.

Ketan hitam juga dapat membantu organ hati menghilangkan zat yang tidak diinginkan melalui aktivitas antioksidannya.

Dari banyaknya kandungan nutrisi dan vitamin di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa manfaat ketan hitam juga tidak kalah banyak.

Tapi, apa sih perbedaan ketan hitam dan beras hitam?

Ketan hitam cenderung memiliki tekstur yang lengket, sedangkan beras hitam cenderung lebih pera dan pulen. Teksturnya sama sekali tidak lengket.

Kemudian, dari rasanya, rasa ketan hitam juga cenderung lebih manis dan gurih. Tidak heran kalau ketan hitam sering digunakan untuk membuat camilan manis atau kue.

Salah satunya, ketan hitam bisa dibuat menjadi es ketan hitam yang lembut, manis, dan gurih. Mau tahu bagaimana cara membuatnya?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bahan-Bahan

•250 gr beras ketan hitam

•1250 liter air

•6 sdm gula pasir

•3 lembar daun pandan, ikat simpul

•6 sdm tepung beras

•Garam

 

Bahan pelengkap:

•Ice Cream

•Buah mangga (potong kotak)

3 dari 3 halaman

Cara Membuatnya

1. Pertama, kita cuci bersih beras ketan hitam terlebih dahulu, lalu kita rendam minimal 2 jam, cuci bersih kembali, setelah itu tiriskan. Biarkan semalaman ya.

2. Selanjutnya kita rebus air pada panci hingga mendidih, masukkan beras ketan hitam serta daun pandan, masak hingga mendidih sambil diaduk-aduk selama 5 menit.

3. Kemudian setelah 5 menit matikan kompor, lalu kita diamkan dan tutup panci selama 30 menit.

4. Setelah 30 menit, tambahkan garam, gula pasir dan tepung beras.

5. Lalu masak kembali dengan api kecil selama 7 menit atau sampai matang hingga ketan hitam benar-benar empuk, kemudian kita angkat.

6. Siapkan mangkuk atau gelas, lalu tuangkan ketan hitam secukupnya.

7. Sajikan dengan topping ice cream serta potongan mangga.

Itu dia resep es ketan hitam mango yang bisa kalian coba di rumah. Untuk rasa, nggak usah diragukan lagi deh, pasti adik dan tamu-tamu yang datang ke rumah bakalan nambah dan nagih! 

 

Penulis: Fathia Uqimul Haq

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.