Sukses

Alasan Mengapa Semut Selalu Berhenti Sejenak Saat Berpapasan

Semut merupakan serangga yang dapat dijumpai di mana-mana khususnya di rumah.

Liputan6.com, Bandung - Semut merupakan serangga yang dapat dijumpai di mana-mana khususnya di rumah. Habitat semut sendiri sangat luas, termasuk serangga yang hidup berkelompok atau bergerombol.

Hal itu dilakukan semut sebab mempunyai tujuan yang sama untuk bertahan hidup, berkembang biak, serta bertumbuh.

Biasanya semut menghabiskan seumur hidupnya di sekitar sarang yang mana sarang tersebut ditinggali oleh ribuan semut lainnya.

Semut juga tidak dapat melihat dan melakukan kegiatannya dalam kegelapan. Maka dari itu semut sering bekerja sama dalam satu koloni.

Jika kamu sering memperhatikan semut di rumah, kamu mungkin akan melihat mereka mempunyai jalur yang serupa. Terutama ketika berpapasan, mereka akan berhenti sejenak dengan sesamanya. Terlihat seperti bersalaman atau berinteraksi satu sama lainnya.

Lantas mengapa semut melakukan kegiatan seperti itu? 

Melansir situs Scienceabc, ternyata semut melakukan hal tersebut untuk mendeteksi bahaya. Ketika semut berpapasan, mereka akan saling mendekatkan kepala masing-masing agar bisa memastikan apakah mereka dalam koloni yang sama atau tidak.

Semut melakukan deteksi seperti itu ternyata untuk bisa mendeteksi penyusup. Hal itu karena semut mempunyai penciuman yang sangat baik. Setiap koloni semut mempunyai aroma yang unik.

Maka dari itu, ketika berpapasan dengan semut dari koloni yang berbeda, mereka secara bersama-sama akan mundur dan menyelamatkan diri.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berbagi Tugas

Semut juga terkadang saling berbagi-bagi tugas. Hal itu terjadi karena koloninya ada banyak.

Biasanya mereka membagi tugas saat mencari makan. Ada semut yang mempunyai tugas untuk mencari makanan dan ada semut yang bertugas untuk membawa makanan tersebut ke sarang.

Biasanya, untuk mempercepat pekerjaan, semut-semut akan memindahkan makanan dari satu semut ke semut yang lainnya.

 

3 dari 3 halaman

Membuat Jejak

Ketika menemukan makanan, biasanya semut akan menjatuhkan sejumlah kecil feromon agar bisa membuat jejak dan bisa kembali ke sarang untuk memanggil koloni lain.

Maka dari itu, ketika saling berpapasan semut akan saling menyentuh antena mereka untuk memberikan gambaran mengenai apa yang akan mereka dapatkan di depannya.

Bahkan, semut juga jika menemukan makanan akan memasukan sepotong makanan tersebut ke mulutnya dan membiarkan sesama semut yang lainnya untuk merasakan makanan apa yang didapat dan untuk memahaminya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.