Sukses

Skincare Cocktail Mencampur Aneka Produk dalam Sekali Pemakaian, Amankah?

Istilah cocktail merujuk pada hasil campuran beberapa minuman.

Liputan6.com, Yogyakarta - Saat melakukan rutinitas perawatan wajah (skincare), seringkali penggunaan toner, essence, serum, dan moisturizer (pelembab) dipakai sekaligus secara berurutan. Tanpa sadar, hal tersebut merupakan bentuk trik skincare cocktail.

Teknik skincare cocktail adalah praktik mencampurkan beberapa produk skincare sekaligus menjadi satu. Istilah cocktail merujuk pada hasil campuran beberapa minuman.

Skincare cocktail dapat mengoptimalkan kerja kandungan skincare dan memberikan manfaat lebih pada kulit. Selain itu, trik ini juga dipercaya dapat menghemat waktu pengaplikasian skincare.

Saat kulit mengalami beberapa masalah sekaligus, langkah ini biasa dilakukan untuk upaya mengatasi beberapa masalah kulit tersebut. Langkah ini juga mampu mengatasi masalah kulit yang tidak kunjung beres dengan penggunaan satu produk saja.

Praktik mencampurkan beberapa produk skincare ini sudah lazim dilakukan oleh banyak orang, termasuk oleh dermatologist. Dikutip dari laman Refinery29, seorang dermatologist Karyn Grossman menuturkan, trik ini tak harus mencampurkan banyak bahan sekaligus, melainkan dua produk saja sudah cukup.

Meski terdengar mudah dan menjanjikan, perlu diperhatikan bahwa ada beberapa kandungan skincare yang sebaiknya tak dipakai dalam waktu bersamaan. Oleh karena itu, sebelum melakukan trik ini perlu mencari tahu dan memastikan produk skincare apa saja yang aman dan tidak aman untuk dikombinasikan.

Trik skincare cocktail dapat bersifat agresif untuk kulit. Percampuran bahan aktif pada skincare yang terlalu banyak justru dapat mengakibatkan inflamasi dan iritasi pada kulit.

Untuk mengetahui bahan aktif skincare yang aman dan tidak aman untuk dicampurkan, sebaiknya tanyakan lebih dulu kepada dermatologist. Langkah singkat lainnya bisa kamu tanyakan kepada brand skincare yang biasanya menyediakan layanan konsultasi gratis secara online.

Umumnya, pengaplikasian produk skincare bisa dimulai dengan urutan produk dengan tekstur ringan ke berat, misalnya mulai dari essence, serum, lalu pelembab. Terkait contoh kombinasi kandungan bahan dalam skincare, kamu bisa mengombinasikan produk skincare yang mengandung niacinamide dan retinoid, face oil dan night cream, serta hyaluronic acid dan moisturizer atau pelembab.

(Resla Aknaita Chak)

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.