Sukses

Seperti di Bandung Tapi Bukan, Perkenalkan Wedang Saritem Minuman Khas Brebes dari Beras Hitam

Brebes tidak hanya terkenal dengan telur asin, kini Brebes juga bisa menghasilkan minuman khas yang bisa kalian dapatkan atau buat sendiri di rumah yaitu Saritem.

Liputan6.com, Jakarta - Nama Saritem identik dengan Bandung, Jawa Barat. Jika Saritem berasal dari nama gadis belia pedagang jamu asal Kota Kembang Bandung, di Brebes, Jawa Tengah juga ada nama Saritem dipakai untuk nama minuman.

Untuk kamu yang sering melewati jalur pantura di Provinsi Jawa Tengah, pasti akan melewati Kabupaten Brebes. Apalagi jalur ini sering sekali dikunjungi oleh para pemudik yang hanya sekedar beristirahat maupun mencari makan maupun minum saja.

Jika kalian sempat berkunjung ke Brebes, tidak lengkap jika hanya membeli makanan saja. Pasalnya, Brebes tidak hanya terkenal dengan telur asin, kini Brebes juga bisa menghasilkan minuman khas yang bisa kalian dapatkan atau buat sendiri di rumah yaitu Saritem.

Sari Beras Hitam atau lebih dikenal dengan sebutan Saritem adalah minuman khas Brebes yang mempunyai beragam manfaat. Saritem sangat mirip dengan kopi dan wanginya hampir sama dengan wedang jahe. Ciri khasnya, minuman Ini dibuat dari air rebusan beras hitam yang memang banyak ditanam di Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes.

Tidak hanya untuk penghilang dahaga, Saritem juga bermanfaat bagi kesehatan. Konon, Saritem mengandung antioksidan jika dicampur sebagai minuman wedang dengan jahe dan serai. Selain itu, kandungan serat kasarnya terbukti paling tinggi dibandingkan beras lainnya.

Beras hitam juga mengandung antosianin yang mampu mencegah penyakit jantung dan melindungi segala macam peradangan yang menjadi inti dari banyak penyakit yang umum saat ini.

Selain itu, beras hitam mengandung vitamin E, B1, B2, B3, dan B6, serta zinc, magnesium, dan fosfor untuk membantu kesehatan hati, terutama dalam mencegah perlemakan hati, termasuk perlemakan hati alkoholik.

Apalagi beras hitam yang ditanam di lereng Gunung Slamet dan jauh dari polusi udara, menjadikan beras hitam termasuk tinggi kandungan antioksidannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Resep Wedang Saritem

Bahan-bahan:

•1 sdt beras Hitam

•2 ruas jahe, bakar sebentar

•300 ml air

•2 sdt gula pasir

•daun pandan secukupnya

Cara Membuat:

1. Pertama, rebus jahe dan daun pandan dalam air hingga mendidih dan air menyusut sedikit (tersisa kurang lebih 250 ml)

2. Kemudian saring air rebusan jahe dalam gelas, setelah itu masukkan beras hitam dan gula, lalu aduk dan tunggu sampai air berubah menjadi hitam

3. Wedang Saritem siap dihidangkan nikmat selagi hangat.

Jadi, itulah resep membuat wedang Saritam khas Brebes yang mempunyai beragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Mudah bukan caranya? Jangan lupa coba buat sendiri di rumah, ya.

 

Penulis: Fathia Uqimul Haq

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.