Sukses

Sering Tumpuk Tugas Kuliah? Coba Cara Ini Biar Kuliah Makin Lancar

Kita harus pintar-pintar dalam membagi waktu antara tugas kuliah dan juga bermain di sosmed.

Liputan6.com, Jakarta - Apakah kamu suka bermalas-malasan dengan tugas yang diberikan dosen? Pasti sebagian mahasiswa atau mungkin yang sedang membaca ini termasuk sebagian mahasiswa yang malas dan menunda tugas dari dosennya.

Terkadang, ada niatan juga untuk mengerjakan tugas tersebut, tapi malah main sosmed dan keasikan scroll Tiktok maupun Instagram. Alhasil, tugas terbengkalai bahkan kelupaan dan akhirnya mepet deadline.

Sebenarnya kita boleh membuka medsos untuk menghilangkan penat, untuk hiburan diri sendiri, maupun stalking mantan, tapi harus ada batasan agar pekerjaan yang wajib dapat kita selesaikan. Sebab, mahasiswa tidak boleh berpaling dari yang namanya tugas dosen.

Maka dari itu kita harus pintar-pintar dalam membagi waktu antara tugas kuliah dan juga bermain di medsos. Terus, ada enggak sih cara supaya kita tidak menunda sampai menumpukkan tugas kuliah?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Atur Jadwal Belajar

Mengatur jadwal belajar itu penting, karena jika kita tidak mengaturnya tugas kita akan semakin menumpuk. Kalian bisa membuat list atau daftar tugas mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu.

Jangan lupa tuliskan waktu pengumpulan tugasnya, supaya kita tahu tenggat waktunya. Kerjakan yang lebih mudah, lalu yang sekiranya susah kalian list paling bawah.

Jika dirasa yang paling susah adalah tugas yang tenggat waktunya sudah dekat, maka kerjakan terlebih dahulu. Setelah tugas pertama selesai, kalian bisa memberi tanda ceklis agar kita tahu mana saja tugas yang sudah dikerjakan.

2. Jangan Mudah Terdistraksi

Biasanya ketika ada notifikasi pesan dari WhatsApp, kita enggak sabar untuk membukanya dan berujung pada yang lainnya. Kalian bisa menonaktifkan suara handphone agar bisa fokus pada tugas yang sedang dikerjakan. Tujuannya supaya tugas yang kita kerjakan cepat selesai dan kita bisa beristirahat.

3. Kerjakan Tugas Sendiri

Seringkali ketika ada tugas memang paling asyik adalah mengerjakan bersama teman. Nyatanya, mengerjakan tugas bersama itu bisa menghambat penyelesaiannya.

Banyak waktu yang kita buang untuk bergosip, foto bareng untuk diunggah ke medsos, dan masih banyak lagi. Beda halnya jika ini adalah tugas kelompok.

3 dari 3 halaman

4. Buat Sekitarmu Nyaman

Kamu perlu membuat situasi menjadi nyaman supaya bisa fokus. Selain itu, kamu juga perlu menyiapkan camilan agar betah dalam mengerjakan tugas. Jika kamu suka musik, enggak ada salahnya mengerjakan tugas diiringi alunan lagu favorit.

5. Luangkan Waktu Sejenak

Istirahat juga perlu lho! Karena jika kita terlalu ambisius dalam mengerjakan tugas, alhasil bakal kelelahan dan akhirnya capek untuk kembali mengerjakannya. Coba atur waktu beristirahat bisa selama 15-20 menit, lalu kembalilah mengerjakan tugas.

6. Buatlah Reward untuk Diri Sendiri

Biasanya kita senang karena telah diberi hadiah dari orang lain. Tapi kali ini kita lah yang memberikan hadiah untuk diri sendiri. Misalnya, setelah kita selesai mengerjakan tugas, kita bisa scroll medsos sepuasnya, atau bisa pergi jalan-jalan ke luar rumah.

Jadi itulah cara supaya tugas kita enggak terlalu menumpuk. Sayang kan jika kita enggak dapat nilai? Yuk, mulai jadi mahasiswa yang teratur dan menyelesaikan tanggung jawab dengan baik.

 

Penulis: Fathia Uqimul Haq

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.