Sukses

Eksorsisme ala Jawa, Ritual Pengusiran Roh Jahat dengan Bahan Sederhana

Masyarakat Jawa pun memiiki cara tersendiri untuk melakukan ritual pengusiran roh jahat atau eksorsisme

Liputan6.com, Yogyakarta - Kesurupan merupakan situasi ketika seseorang dirasuki oleh hantu atau roh jahat. Untuk mengusir makhluk tersebut, dilakukan sebuah ritual pengusiran setan yang kerap dikenal dengan istilah eksorsisme.

Berbagai alasan timbul mengapa kesurupan bisa terjadi, mulai dari sebuah kutukan hingga adanya gangguan makhluk halus di sebuah tempat.

Tanda kesurupan pun bermacam-macam di antaranya yaitu tubuh melayang, merayap pada dinding, suara yang parau, serta tiba-tiba menjadi sangat kuat.

Dikutip dari berbagai sumber, masyarakat Jawa pun memiiki cara tersendiri untuk melakukan ritual pengusiran roh jahat atau eksorsisme.

Membakar Dupa

Salah satu cara yang dipercaya ampuh untuk mengusir setan atau roh jahat adalah dengan membakar dupa. Asap dari dupa dianggap suci dan wangi dipercaya dapat menjauhkan roh jahat dari seseorang maupun dari tempat tinggal.

Dalam keperayaan fengshui membakar dupa dapat mengusir roh yin. Roh yin dipercaya dapat membawa penyakit dan malapetaka, terlebih bagi anak-anak atau orang dengan waktu astrlogis rendah dan lemah.

Tak hanya itu, membawa asap dari dupa menyala dalam sebuah wadah di sekitar ruang searah jarum jam bisa membantu menyingkirkam chi pembawa penyakit bagi penghuni. Lakukanlah cara mengusir roh jahat dari rumah ini sebanyak tiga kali dalam seminggu.

Cahaya Lilin

Cahaya lilin bisa menjadi cara mengusi roh jahat dari rumah. Cahaya dari lilin dipercaya membawa aura baik.

Perlahan, bawalah tiga lilin menyala (lilin merah) melewati pintu depan rumah sebanyak 3 kali sembari mengikuti searah jarum jam. Naikkan lilin tinggi-tinggi melewati kepala kamu sebanyak 3 kali, kemudian di dekat dasar pintu sebanyak 3 kali pula.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bawang Putih dan Bambu Kuning

Bawang Putih dan Bambu Kuning

Bawang putih dan bambu kuning dapat menjadi salah satu cara mengusir roh jahat selanjutnya. Caranya dengan menancapkan bambu kuning serta menggantungkan rangkaian bawang putih di pintu, jendela dan ventilasi rumah.

Dengan meletakkan dua benda tersebut, diyakini segala jenis makhluk halus pasti akan pergi.

Mengecat Dinding Warna Putih

Mewarnai atau mengecat dinding dengan warna merah dapat menjadi cara menangkal roh jahat selanjutnya. Terlebih apabila tinggal didekat kawasan pemakaman.

Cara mengusir roh jahat dari rumah ini bisa jadi solusi permanen dan menjadi penangkal yang kuat. Cara ini efektif untuk menyeimbangkan Yin dari tanah dekat kuburan atau dekat rumah sakit.

Garam

Menurut kepercayaan kejawen, makhluk halus tak akan dapat mengejar jika menaburkan garam kasar di depan rumah. Sebab, garam kasar belum mengalami proses pengolahan, sehingga masih berbentuk kristal berukuran besar.

Cara ini memang tampak sepele, tetapi garam rupanya termasuk benda yang ditakuti makhluk halus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini