Sukses

Tim Penyidik KPK Akan Bertemu Lukas Enembe di Jayapura

Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), akan menemui Gubernur Papua Lukas Enembe di kediaman pribadinya, di Koya Tengah, Jayapura, hari ini Kamis (3/11/2022).

Liputan6.com, Jayapura - Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), akan menemui Gubernur Papua Lukas Enembe di kediaman pribadinya, di Koya Tengah, Jayapura, hari ini Kamis (3/11/2022). 

"Memang benar tim KPK bersama tim dokter akan segera menemui Gubernur Enembe," kata Irjen Pol Fakhiri, seperti dikutip Antara.

Kapolda Papua menuturkan bahwa Gubernur Lukas Enembe sudah menyatakan kesiapannya untuk menerima tim dan dokter KPK. Menurut dia, dokter independen dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang akan mendampingi dokter KPK.

Sebelum ke kediaman pribadi Gubernur Enembe, kata Fakhiri, ​​​​​​tim dari KPK dan IDI Papua akan bertemu terlebih dahulu di Polda Papua.

"Saya akan dampingi saat tim KPK bertemu dengan Gubernur Enembe," kata Fakhiri.

Kehadiran tim KPK itu dalam rangka penyidikan perkara yang ditanganinya karena hukum tetap harus ditegakkan. Namun, di satu sisi harus melihat sisi kemanusiaannya. Apalagi, kata Fakhri, Gubernur Enembe telah empat kali mengalami serangan stroke.

Secara manusiawi, katanya, kesehatan akan menjadi bahan pertimbangan karena sebelum pemeriksaan oleh penyidik apa pun kasusnya akan ada pertanyaan mengenai kesehatan jasmani dan rohani.

Sebelumnya, tim KPK yang berjumlah 15 orang sejak Rabu (2/11/2022) sudah berada di Jayapura, Papua. KPK telah menetapkan Gubernur Papua Lukas Enembe sebagai tersangka kasus suap dan gratifikasi sebesar Rp1 miliar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.