Sukses

Masuki Era Society 5.0, Ini Skill yang Harus Dimiliki Lulusan dari Kampus

Sebagai hasil dari revolusi industri 4.0, saat ini kegiatan industri di Indonesia mulai beralih ke bentuk digital dan memunculkan banyak lapangan pekerjaan jenis baru.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai hasil dari revolusi industri 4.0, saat ini kegiatan industri di Indonesia mulai beralih ke bentuk digital dan memunculkan banyak lapangan pekerjaan jenis baru. Melansir dari laman Kementerian Ketenagakerjaan, Indonesia sebagai negara berkembang memiliki tantangan besar dalam mengadopsi society 5.0.

Namun di sisi lain, menurut Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, salah satu tantangan besar yang dialami perusahaan adalah kesulitan mencari tenaga kerja yang memiliki talenta digital. Kemampuan digital para lulusan baru kebanyakan dianggap masih minim dan hanya bersifat teoritis.

Menurut Dr. (H.C.) Ignasius Jonan dalam pidatonya di Wisuda Ke-7 Universitas Pertamina, setiap perusahaan memiliki tujuan yang ditentukan oleh tiga hal. Yakni, apa yang dibutuhkan oleh dunia, keunikan perusahaan, dan bagaimana caranya perusahaan menghasilkan nilai ekonomis. 

“Maka dari itu, para lulusan baru Universitas Pertamina, saat anda mencari pekerjaan anda harus memiliki pemahaman pada kebutuhan industri. Misalnya, pada industri 4.0, anda tidak boleh hanya memiliki pengetahuan terkait jenis pekerjaan yang diinginkan. Tapi juga harus memiliki kemampuan digital, karena itu yang dibutuhkan,” ujar Jonan dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com.

Remote, perusahaan SDM digital, mensurvei lebih dari 500 perusahaan dan pekerja di industri digital. Mereka mengungkap lima skill digital yang paling dicari: social media skill, digital marketing, pengembangan peranti lunak, pemrograman website dan aplikasi, serta rekayasa perangkat lunak.

Dr. (H.C.) Enggartiasto Lukita yang juga memberikan orasi di acara yang sama, menyampaikan kompetensi yang harus dimiliki para lulusan baru.

“Pengetahuan yang saudara miliki selama belajar di bangku kuliah tidak akan cukup untuk memasuki dunia kerja. Anda harus tetap memperkaya pengetahuan digital. Selain itu, penting juga bagi anda memiliki kemampuan critical thinking, berkomunikasi, berkolaborasi, dan kreativitas,” ungkapnya.

Untuk menghadapi era disrupsi dan society 5.0, Rektor Universitas Pertamina Prof. Ir. I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja, Ph.D., menyampaikan, UPER telah menjalankan berbagai program untuk mengasah skill dan kompetensi para wisudawan.

“Untuk meningkatkan daya serap lulusan, UPER telah menyelenggarakan program digitalisasi pendidikan, inkubasi bisnis, magang di industri, dengan harapan lulusan UPER dapat diterima kerja, mampu berwirausaha, atau dapat melanjutkan studi setelah lulus dari UPER,” tuturnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Luluskan 612 Sarjana

Pada Wisuda Ke-7 Tahun 2022, Universitas Pertamina telah meluluskan 612 sarjana dari 15 program studi. Dari jumlah tersebut, 154 wisudawan atau 25 persen di antaranya berhasil meraih predikat pujian atau cumlaude.

Sebanyak 82 persen wisudawan berasal dari program studi sains dan teknologi, dan 16 persen wisudawan berasal dari program studi sosial.

Guna membentuk lulusan yang unggul dan terampil menuju society 5.0, Prof. Wirat melanjutkan, UPER telah bekerja sama dengan universitas mitra baik di dalam maupun luar negeri.

Selain itu, UPER juga rutin menyediakan beragam jenis beasiswa bagi calon mahasiswa yang berprestasi. Untuk Tahun Ajaran 2023/2024, UPER menyediakan total beasiswa sebesar 24 miliar rupiah. 

Bagi siswa/siswi yang tertarik bergabung di Universitas Pertamina (UPER), bisa mempersiapkan diri untuk Seleksi Mahasiswa Baru UPER Tahun Akademik 2022/2023. Informasi lengkap terkait program studi serta syarat dan ketentuan pendaftaran dapat diakses di laman https://pmb.universitaspertamina.ac.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.