Sukses

Ruang Kreatif Publik Pos Bloc Medan Dibuka, Berlokasi di Gedung Berusia Ratusan Tahun

Setelah menjalani renovasi fisik selama lebih dari 6 bulan lamanya, tepat pada Sabtu, 29 Oktober 2022, ruang kreatif publik Pos Bloc Medan di Jalan Pos, Nomor 1, Kelurahan Kesawan, Kecamatan Medan Barat, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut) resmi dibuka.

Liputan6.com, Medan Setelah menjalani renovasi fisik selama lebih dari 6 bulan lamanya, tepat pada Sabtu, 29 Oktober 2022, ruang kreatif publik Pos Bloc Medan di Jalan Pos, Nomor 1, Kelurahan Kesawan, Kecamatan Medan Barat, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut) resmi dibuka.

Menteri Koperasi dan UKM RI, Teten Masduki, yang hadir langsung pada peresmian pembukaan Pos Bloc Medan, mengaku optimis ruang kreatif publik ini bisa menjadi ikon Kota Medan. Nantinya, Pos Bloc Medan akan diintegrasikan menjadi rumah kreatif UMKM.

"Menjual produk UMKM itu harus seperti ini, dijual di tempat yang kreatif. Dengan begitu kita harapkan bersama para kurator di Pos Bloc, produk-produk UMKM pelan-pelan meningkat," kata Teten.

Direktur Utama PT Pos Indonesia, Faizal Rochmad Djoemadi menjelaskan, Pos Bloc Medan berada di Gedung Kantor Pos Medan yang usianya 111 tahun. Keberadaan Pos Bloc diharapkan menjadi tempat anak-anak muda berkreasi untuk perkembangan dan kemajuan Kota Medan.

"Yang tidak kalah penting, yang menempati Pos Bloc Medan adalah seluruhnya UMKM. Kami persembahkan Pos Bloc Medan untuk menjadi tempat para UMKM Kota Medan," ucapnya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Terintegrasi dengan Lapangan Merdeka Medan

Wali Kota Medan, Bobby Nasution mengatakan, Pos Bloc Medan nantinya akan terintegrasi dengan pembangunan Lapangan Merdeka yang dijadwalkan selesai 2024, begitu juga dengan pembangunan Kawasan Kota Lama Kesawan yang sudah dibangun Kementerian PUPR.

"Kawasan Kesawan ini dirancang menjadi satu kawasan ekonomi, yang kami harapkan perekonomian yang bisa bangkit di kawasan ini adalah para pelaku, anak-anak asli Medan, anak-anak kreatif Medan, yaitu para pelaku UMKM," ucapnya.

CEO M Bloc Group mewakili pihak Pos Bloc Medan, Handoko Hendroyono menuturkan, keberadaa Pos Bloc di Medan sangat luar biasa. Sebab, saat ini ekonomi digerakkan oleh empati, sesuatu yang sifatnya keberpihakan, pemberdayaan.

"Saya rasa, ini upaya bersama yang sangat tepat, ketika kita dengar soal sirkular ekonomi, regeneration economy bagaimana bisa benar-benar memanfaatkan ruang yang kurang efektif menjadi lebih efektif," sebutnya.

3 dari 4 halaman

Bangunan Cagar Budaya

Proyek Pos Bloc Medan merupakan kolaborasi antara PT Pos Properti Indonesia dengan PT Ruang Kreatif Pos melakukan revitalisasi aset Gedung Kantor Pos Medan menjadi sebuah creative hub multi-fungsi bagi berbagai komunitas kreatif, pengembangan talenta lokal, pemberdayaan bisnis UMKM.

Pada area gedung yang telah ditetapkan sebagai Bangunan Cagar Budaya sesuai Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2010 dan Peraturan Daerah Kota Medan Nomor 2 Tahun 2012 tersebut, menjadi tempat tenant UMKM yang bergerak di berbagai bidang industri kreatif seperti kuliner, musik, film, fesyen, hingga kriya.

Beberapa area di Pos Bloc Medan yang baru ini akan diperkenalkan sebagai berikut Esplanade, De Boer (alfresco area), Maidan Hall (ampiteater), Rotunda (aula utama), Taman, hingga Museum Pos Gallery.

Kantor Pos Medan yang terletak di jantung Kota Medan ini memiliki luas bangunan 1.200 meter persegi, lebar 20 meter, panjang 60 meter, serta tinggi 20 meter, dirancang oleh arsitek Belanda bernama Simon Snuyf dari Burgelijke Openbare Werken (BOW), semacam Dinas Pekerjaan Umum Hindia Belanda.

Bangunan kantor pos ini pertama kali dibangun pada 1909 dan rampung 1911. Lokasinya persis berseberangan dengan Lapangan Merdeka, Medan, yang pada zaman kolonial dulu disebut Esplanade, ruang terbuka utama di depan Gedung Balaikota.

4 dari 4 halaman

Landmark Kota Medan

Gedung Kantor Pos Medan sejak ratusan tahun lalu telah menjadi salah satu landmark Kota Medan bersama dengan gedung-gedung lain di sekitarnya, seperti Balaikota, Bank Indonesia, hingga Hotel De Boer.

Uniknya, arsitektur Gedung Kantor Pos Medan ini tidak sepenuhnya bergaya Eropa seperti gedung era kolonial lain yang ada di sekitarnya, namun mengadopsi pula karakter lokalitas setempat.

Pos Bloc Medan yang digarap PT Ruang Kreatif Pos merupakan bagian dari M Bloc Group yang sebelumnya telah sukses mewujudkan ruang kreatif publik M Bloc Space di Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Pos Bloc Jakarta di Pasar Baru, JNM Bloc di Yogyakarta, hingga Fabriek Bloc di Padang, Sumatera Barat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.