Sukses

Jadi Etalase Budaya, Perpustakaan Way Kanan Kini Punya 23.000 Koleksi Buku

Gedung layanan fasilitas perpustakaan umum dengan puluhan ribu koleksi buku resmi berdiri di Kabupaten Way Kanan.

 

Liputan6.com, Lampung - Pemerintah Way Kanan berkomitmen merawat dan mendukung segala aktivitas peningkatan literasi di daerahnya. Hal itu diungkapkan Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya, saat meresmikan gedung layanan fasilitas perpustakaan umum Kabupaten Way Kanan, bersama Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando, Jumat (28/10/2022).

"Pemerintah Way Kanan berkomitmen merawat dan mendukung aktivitas perpustakaan umum Way Kanan," kata Adipati Surya.

Perpustakaan, katanya, merupakan etalase budaya. Dengan memperbanyak bahan bacaan berbasis kearifan lokal, masyarakat tidak hanya diajari internalisasi pemahaman budaya dan tata hidup tapi juga intelektualitas pemikiran.

"Seringkali kita menganggap sepele aktivitas membaca padahal manfaatnya luar biasa. Perpustakaan ini saya harapkan mampu membawa masyarakat Way Kanan menjadi unggul dan sejahtera," kata Adipati Surya. 

Hal ini sejalan dengan visi pembangunan Way Kanan saat ini yang memfokuskan pada sektor ekonomi dan mutu sumber daya manusia. Senafas sejalan dengan Adipati Surya, Syarif Bando mengatakan bangsa cerdas akan berujung masyarakat sejahtera.

Pendidikan bukan sekadar mencari gelar sarjana. Banyak lulusan yang pada akhirnya malah menambah angka pengangguran dikarenakan kurang berdayakan proses berpikir, kreatif, dan kreativitas.

"Ada baiknya Tri Dharma perguruan tinggi juga menyiapkan kelulusan menjadi berdaya guna, memiliki kemampuan berpikir luas dan mampu menciptakan lapangan kerja yang sesuai dengan jurusan," imbuh Syarif Bando.

Sejak ditetapkan menjadi kabupaten literasi pada 2020, perpustakaan Way Kanan terus berbenah meningkatkan koleksi bahan bacaan dan digital. Kini, 23.000 koleksi telah mendiami gedung perpustakaan umum Way Kanan selain 800 koleksi buku digital.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.