Sukses

Bukan Cuma Telur Asin, Ini 5 Oleh-oleh Khas Brebes yang Bisa Kamu Beli

Biasanya kamu yang melewati jalur pantura di Provinsi Jawa Tengah, pasti akan melewati Kabupaten Brebes.

Liputan6.com, Jakarta - Perjalanan berkunjung ke suatu daerah akan lebih terasa menyenangkan jika kamu melalui daerah yang mempunyai beragam makanan khas. Ihwal makanan khas yang biasanya hanya menjadi tontonan di televisi atau layar gawai, kini dapat dinikmati langsung.

Bosan ke kota-kota besar, kamu patut coba pergi ke daerah lain seperti Brebes. Biasanya kamu yang melewati jalur pantura di Provinsi Jawa Tengah, pasti akan melewati Kabupaten Brebes.

Brebes menjadi salah satu kabupaten yang berada di Jawa Tengah. Letaknya yang strategis karena berbatasan langsung dengan beberapa kota seperti Kota Tegal, Cirebon, Banyumas, dan Kuningan.

Brebes memiliki beragam makanan olahan yang bersumber dari potensi besar wilayah setempat. Salah satunya seperti telur asin rasa udang yang menjadi ikoniknya. Brebes juga mendapatkan julukan kota telur asin. Julukan tersebut didapat karena dikenal sebagai penghasil telur asin terbesar di Indonesia.

Telur hasil ternak diolah masyarakat setempat menjadi telur asin yang kualitasnya tidak diragukan lagi. Sehingga ketika pengunjung datang ke daerah ini, mereka akan sangat antusias untuk membeli makanan khas tersebut menjadi oleh-oleh untuk keluarga.

Berikut daftar oleh-oleh khas Brebes yang bisa kamu pilih saat berkunjung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Ikan Bandeng

Ikan bandeng juga menjadi salah satu kuliner yang terkenal di Brebes. Ikan itu memiliki rasa yang khas berbeda dari ikan lainnya.

Ikan bandeng memiliki daging yang lebih empuk dan gurih sehingga cocok untuk dijadikan teman makan dengan nasi yang hangat. Namun, penikmat harus berhati-hati ketika menyantap karena terdapat duri yang bisa diolah menjadi berbagai menu atau bumbu.

Oleh-oleh khas Brebes itu juga cocok dijadikan buah tangan dengan perjalanan yang cukup lama. Nanti, ikan bandeng bisa di presto dan langsung dinikmati ketika sampai di rumah.

2. Kerupuk Telur Asin

Tidak hanya bisa membawa pulang telur asinnya, kamu juga bisa membeli dalam bentuk kerupuk telur asin. Oleh-oleh khas Brebes satu ini menjadi salah satu buah tangan yang paling banyak diburu pengunjung. Inovasi camilan ini memiliki rasa yang gurih dengan bentuk yang begitu menarik. Bentuknya bulat dengan bagian tengah ada bagian kuningnya.

Sangat sangat mirip dengan telur asin yang sebenarnya. Kerupuk ini memang dibuat dari telur asin yang akan diiris tipis dan kemudian dijemur. Setelah itu barulah memasuki proses penggorengan. Rasa gurih dengan tekstur yang renyah akan membuat siapa pun ketagihan akan rasanya. Apalagi kerupuk ini terbilang unik, wajar jika begitu diburu oleh para pelancong.

Bukan hanya nikmat, ternyata camilan ini juga memiliki kandungan gizi yang baik. Kandungan proteinnya terbilang tinggi dan bermanfaat untuk tubuh. Selain membeli yang sudah digoreng, kamu juga bisa membeli kerupuk ini yang masih mentah. Keduanya sama sama bisa tahan lama sekalipun harus menempuh perjalanan panjang.

Sehingga kamu tidak perlu khawatir camilan akan rusak atau basi. Untuk menemukan buah tangan ini juga tidaklah sulit, sudah ada banyak pusat oleh-oleh yang menawarkannya.

3 dari 3 halaman

3. Bawang Merah

Selain bandeng, Brebes juga terkenal akan komoditas bawang merahnya yang bagus. Ketika melintasi daerah Brebes, kamu memang akan melihat lahan tani yang dipenuhi tanaman bawang merah. Terkenal dengan kualitasnya yang jempolan, menjadikan bawang merah juga menjadi buah tangan yang bisa kamu jadikan pilihan.

Kualitas unggulannya ini dikarenakan tanah juga cuaca kota Brebes sangat cocok untuk menanam bawang merah. Tidak hanya bisa membeli bawang merah dengan kualitas yang super. Kamu juga bisa mendapatkan harga yang lebih miring jika membeli di Brebes.

4. Bawang Goreng

Seperti yang disinggung sebelumnya, kota satu ini memang kondang dengan Bawang merahnya. Bawang gorengnya akan dikemas dengan kemasan yang begitu kekinian dan menarik minat. Soal rasa kamu enggak perlu ragu, karena selain gurih aromanya juga menggugah. Untuk menemukan buah tangan ini juga begitu mudah, harganya pun ramah di kantong.

5. Ketan Pencok

Ketika mengunjungi kota Brebes kamu enggak boleh melewatkan wisata kulinernya. Ketan Pencok adalah kuliner tradisional yang juga bisa kamu jadikan buah tangan. Ketan yang memiliki bentuk persegi ini akan disajikan dengan kelapa parut yang dicampur gula jawa. Jika kamu berniat membawa pulang pastikan sudah mengetahui berapa lama bisa bertahan.

Nah itulah beberapa oleh-oleh khas Brebes yang bisa kamu beli dan wajib dibawa pulang untuk buah tangan. Jangan sampai ketinggalan ya!

 

Penulis: Fathia Uqimul Haq

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.