Sukses

Saat Gatot Kaca Turun ke Jalan Ingatkan Pentingnya Menjaga Kesehatan Ginjal Anak

Polres Sukoharjo 'mengutus' Gatot Kaca memberikan edukasi ke masyarakat soal pentingnya menjaga kesehatan ginjal anak.

Liputan6.com, Sukoharjo - Banyak cara dilakukan semua pihak dalam memberikan edukasi tentang pentingnya menjaga kesehatan ginjal anak-anak. Salah satunya seperti yang dilakukan Polres Sukoharjo, yaitu 'mengutus' Gatot Kaca memberikan edukasi ke masyarakat di Jalan Raya Solo Baru, soal pentingnya menjaga kesehatan ginjal anal-anak. 

Aksi Gatot Kaca tersebut mampu mengundang perhatian para pengguna jalan sehingga pesan yang ingin disampaikan dapat diterima masyarakat.

Kemunculan Gatot Kaca mengedukasi warga tersebut bukan tanpa sebab, pasalnya di Indonesia tengah merebak penyakit gagal ginjal akut pada anak yang disebabkan obat sirup. Bahkan angka kematiannya tergolong tinggi.

Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, mewakili Kanit Kamsel Satlantas Polres Sukoharjo Ipda Niken mengatakan kegiatan itu dalam rangka memberikan edukasi kepada masyarakat yang melintas, sekaligus imbauan lantaran maraknya kasus gagal ginjal anak dalam kurun waktu satu bulan ini.

"Polres Sukoharjo bersama super hero Peduli Anak mengajak kepada masyarakat, khususnya para orang tua untuk bersama-sama mencegah gagal ginjal pada anak dengan cara menjaga maupun merawat kesehatan ginjal anak sejak dini," katanya, Rabu (26/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pentingnya Menjaga Kesehatan Ginjal

Wahyu Nugroho mengatakan, melalui pesan di papan yang dibawa Gatot Kaca dan anggota kepolisian di jalan adalah cara sederhana memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat luas.

"Sosialisasi dan imbauan yang kita lakukan adalah berupa pesan-pesan lisan, pembagian stiiker dan pembagian pamflet 8 cara menjaga kesehatan ginjal," tutur dia.

Tak hanya itu, tak hanya melakukan sosialisasi dan juga kampanye sederhana pihaknya juga memberikan air mineral kepada pengguna jalan sebagai salah satu ajakan menjaga ginjal yang membutuhkan asupan air yang banyak.

"Kegiatan ini merupakan bentuk perhatian Polres Sukoharjo kepada masyarakat dalam menjaga kesehatan ginjal anak, serta mencegah kasus gagal ginjal akut pada anak," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.