Sukses

Kalau ke Gorontalo Wajib Coba Stik Koroho Dicocol Sambal Sagela

Stik goroho merupakan camilan pisang yang cocok dimakan saat santai bersama teman atau keluarga tercinta.

Liputan6.com, Gorontalo - Satu lagi kuliner khas Provinsi Gorontalo, yakni stik pisang Goroho. Stik Goroho saat ini sangat mudah dijumpai di kafe, warung kopi hingga rumah makan saat kita berkunjung ke Gorontalo.

Itulah mengapa, saat ini stik goroho sendiri banyak diminati oleh kawula muda. Musabab, olahan pisang yang satu ini sangat cocok dimakan saat santai dengan sanak dan keluarga.

Pisang Goroho merupakan jenis pisang yang banyak ditemukan di Sulawesi Utara. Pisang dengan nama latin Musa acuminafe, sp juga banyak di Gorontalo.

Pisang goroho awalnya menjadi sumber makanan masyarakat Minahasa sejak dulu. Biasanya pisang goroho dijadikan pisang goreng dan pisang rebus.

Seiring berjalannya waktu, olahan pisang jenis ini mulai banyak bermunculan. Selain dibuat stik dan pisang goreng, pisang ini juga dibuat keripik dan tepung yang dijadikan bahan kue.

"Kalau datang ke Gorontalo pasti saya cari stik Goroho. Apalagi dipadukan dengan sambal sagela," kata Putra warga Jakarta saat berkunjung ke Gorontalo.

Menurut Putra jika pisang Goroho sendiri berbeda dengan pisang pada umumnya. tekstur pisang Goroho lebih lembut meskipun masih mentah.

"Jika pisang yang lain banyak getahnya, pisang goroho tidak ada. Teksturnya seperti kentang," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Obat Diabetes

Selain itu, bagi penderita penyakit diabetes, pisang goroho bisa digunakan makanan utama. Karena, pisang ini memiliki karbohidrat dan lemak yang rendah.

"Banyak juga yang mengatakan ini obat diabetes. penderita penyakit itu biasa memakan pisang ini dengan cara direbus," ia menandaskan.

Biasanya, pisang goroho disajikan pada saat akan minum kopi pagi atau sore hari setelah melakukan pekerjaan. Pisang Goroho cukup terkenal bagi masyarakat Gorontalo karena memiliki nilai ekonomi dan manfaat yang tinggi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.