Sukses

Kunjungi Warga Terdampak Banjir di Lebak, Ridwan Kamil Salurkan Bantuan Kemanusiaan

Setibanya di lokasi kejadian bencana, Ridwan Kamil langsung meninjau titik ambruknya jembatan Cimancak yang merupakan penunjang aksesibilitas warga Desa Bayah Timur dan Cimancak.

Liputan6.com, Bandung - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengunjungi warga yang terdampak bencana banjir bandang di Desa Cimancak, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten, Kamis (20/10/2022).

Setibanya di lokasi kejadian bencana, Emil langsung meninjau titik ambruknya jembatan Cimancak yang merupakan penunjang aksesibilitas warga Desa Bayah Timur dan Cimancak. 

"Hari ini kita sedang melihat ujian dari Allah SWT kepada kita. Tentunya dengan tawakal kita selesaikan, kita ambil hikmahnya, perbaiki apa pun yang bisa kita ikhtiarkan," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com.

"Dalam musibah kita harus sabar dan berdoa. Kita akan perbaiki. Allah SWT tak akan memberikan ujian melebihi kemampuan kita," sambung eks Wali Kota Bandung itu.

Selain memberikan dukungan moril kepada warga setempat, Emil melalui BJB memberikan bantuan kemanusiaan sebesar Rp500 juta. 

"Silakan nanti dimanfaatkan untuk wilayah terdampak, dan akan difasilitasi, serta diatur oleh Pak Wakil Bupati untuk kemanusiaan," ujarnya. 

Emil menyampaikan rasa empati warga Jawa Barat atas musibah bencana alam yang terjadi di Lebak. 

"Titip salam dari warga saya 50 juta penduduk Jawa Barat yang menyaksikan berita-berita musibah yang terjadi di Banten. Oleh karena itu, saya datang kemari memberikan bantuan melalui Bank BJB, khususnya untuk provinsi yang terkena bencana," tuturnya. 

Kedatangan Emil ke Tanah Jawara, memang karena ada ikatan persaudaraan dari leluhurnya.  

"Jawa Barat dan Banten bersaudara. Sebagian darah saya datang dari keluarga Banten, mulang tarima ka lemah cai (membalas kebaikan ke tanah kelahiran)," katanya.  

Dalam peninjauan tersebut, Emil didampingi oleh Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi, dan mantan Bupati Lebak Mulyadi Jayabaya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.