Sukses

Kemenperin Buka Politeknik Industri Kimia di Serang, Bisa Kuliah Gratis dan Langsung Kerja, Berminat?

Sekolah tinggi khusus industri kimia satu-satunya di Banten berlokasi di Jalan Raya Karang Bolong, Desa Cikoneng, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang.

Liputan6.com, Serang - Sekolah tinggi khusus industri kimia satu-satunya di Banten berlokasi di Jalan Raya Karang Bolong, Desa Cikoneng, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang. Politeknik Industri Petrokimia Banten itu milik Kementerian Perindustrian (Kemenperin), di bawah naungan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI).

"Untuk menyiapkan SDM yang kompeten bagi industri nasional. Kemudian mengurangi kesenjangan antara yang disiapkan pendidikan dengan yang diterima oleh industri," kata Kepala BPSDMI Kemenperin, Arus Gunawan di lokasi, Selasa (18/10/2022).

Kampus dengan ikatan dinas itu menerapkan pembelajaran 37 persen teori dan 63 persen praktik. Selain itu, sistem pendidikan di Politeknik Industri Petrokimia Banten bersifat link and match dengan dunia industri, sehingga ketika mereka lulus sudah siap bekerja.

Politeknik Industri Petrokimia Banten menerapkan syarat ketat untuk mahasiswa yang berkuliah, seperti syarat IPK minimal 3.00 dan tidak boleh mengundurkan diri selama menempuh pendidikan.

Untuk angkatan pertama tahun 2022 ini, dari 2.379 pelajar yang mendaftar, hanya diterima 125 orang saja. Mereka menempuh pendidikan di jurusan teknologi proses industri petrokimia, teknologi mesin industri petrokimia, dan teknologi instrumentasi industri petrokimia dengan gelar Diploma Tiga (D3).

"Ini program beasiswa, jadi kita itu sistem nya sesuai kebutuhan (industri kimia) saja. Karena memang kan yang lulus itu nantinya akan langsung menjalani ikatan dinas. Jadi kita juga jangan sampai antara jumlah SDM yang menjalani pendidikan dan kebutuhan itu tidak sesuai. Karena kalau tidak terserap akan percuma," terangnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Mendaftar

Saat ini, Politeknik Industri Petrokimia Banten milik Kemenperin bekerja sama dengan 14 mitra industri, yakni PT Chandra Asri Petrochemical Tbk, PT Petrokimia Butadiene Indonesia, PT Pupuk Indonesia, PT Cabot Chemical Indonesia, PT Polytama Propindo, PT Petro Oxo Nusantara, PT Mitsubishi Chemical Indonesia, PT Trinseo Materials Indonesia, PT Nippon Shokubai Indonesia, PT Asahimas Chemical, PT Lotte Chemical Titan Nusantara, Asosiasi Industri Olefin, Aromatik dan Plastik Indonesia, Federasi Industri Kimia Indonesia, dan Skills for Competitiveness (S4C).

Pelajar yang ingin mendaftar untuk mendapatkan beasiswa penuh hingga lulus dan mendapatkan ikatan dinas di tahun depan, harus mempersiapkan diri mulai dari kesehatan tubuh, tes akademik, kemampuan bahasa Inggris, uji psikologi hingga wawancara. Pendaftaran bisa dilakukan melalui website resmi di jarvis.kemenperin.go.id/politeknikpetrokimia-banten/.

Penerimaan mahasiswa ikatan dinas dengan dunia industri disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Sehingga, setiap tahunnya bisa bertambah ataupun dikurangi.

"Kalau selesai investasi, saya kira akan tumbuh industri pendukung, penunjang dan bahan bakunya, kemungkinan akan bertambah juga SDM yang dibutuhkan," dia menjelaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.