Sukses

Soal Capres 2024, PAN Sukoharjo Pilih Tunggu Aba-Aba dari Pusat

PAN Kabupaten Sukoharjo masih menunggu keputusan dari pusat terkait pengusungan calon presiden (capres) untuk pemilu 2024.

Liputan6.com, Sukoharjo - Meski beberapa DPW Partai Amanat Nasional (PAN) di wilayah lain telah mengusulkan nama Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) yang akan diusung partai, namun DPD PAN Kabupaten Sukoharjo masih tetap menunggu keputusan dari pusat.

Wakil Ketua DPD PAN Kabupaten Sukoharjo, Lukman Hakim menyebut pihaknya belum memberikan statemen resmi terkait pengusungan capres 2024 dari partainya tersebut. 

"Untuk PAN kami belum bisa berstatemen, karena hal itu ranah sepenuhnya DPP. Tentu kami akan tegak lurus apa yang nanti akan menjadi keputusan pimpinan kami di PAN," kata Lukman kepada Liputan6.com, Salasa (18/10/2022).

Menurutnya momentum Rakerda dan Rakerwil beberapa saat lalu menjadi momentum di tiap DPW untuk mengusulkan nama-nama bakal calon presiden sebagai bahan pertimbangan DPP PAN pusat dalam menentukan siapa yang akan diusung partai berlambang matahari itu. Salah satu yang muncul adalah nama Ganjar Pranowo.

"Pada Rakerda dan Rakerwil itu masing-masing DPW memang diminta oleh DPP untuk mengusulkan nama capres pilihan kita dari masing-masing daerah dan wilayahnya," ujar dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Usulkan Nama Bacapres dari Daerah

Sementara itu jika ada dari DPW mengusulkan nama Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden (bacapres) itu memang sudah sesuai instruksi dari partai pusat untuk masing-masing wilayah memberikan usulannya.

"Mereka (DPW wilayah lain) terkait pernyataan pengusungan Ganjar Pranowo, itu hanya sebatas usulan nama belum diterima oleh DPP," kata dia.

Di sisi lain, Partai Nasdem sudah lebih dulu mencalonkan capres yang mereka usung yakni, Anies Baswedan. PAN dan PDIP belum mengumumkan siapa capres yang akan mereka usung pada helatan lima tahunan 2024 mendatang itu. Kita tunggu siapa calon presiden yang akan diusung oleh PAN atau partai yang lainnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.