Sukses

Pentingnya Memberikan Diet yang Lengkap dan Seimbang untuk Kucing

Pemilik kucing harus memberi kucing kesayangannya diet seimbang yang melibatkan banyak faktor untuk kesehatan yang optimal.

Liputan6.com, Bandung - Kebanyakan pemilik kucing melihat peliharaannya sebagai bagian dari keluarga sendiri. Oleh karena itu, banyak pemilik kucing berusaha untuk memastikan kebutuhan nutrisi mereka terpenuhi setiap saat.

Dokter hewan Erdwin Satiya Dharma dari Klinik drh. Rajanti & Friends mengatakan, pemilik kucing harus memberi kucing kesayangannya diet seimbang yang melibatkan banyak faktor untuk kesehatan yang optimal.

Beberapa di antaranya termasuk memastikan bahwa makanan tersebut tinggi akan kandungan protein dan air, karbohidrat yang relatif rendah untuk menghindari masalah pencernaan, dan dilengkapi dengan nutrisi dan vitamin yang tepat untuk mendukung pertumbuhan dan daya tahan tubuh.

Beberapa orang tua kucing memberi makanan yang dibuat di rumah, yang seringkali mencakup nasi dan ikan dalam porsi yang besar. Meskipun ini terdengar ideal, kita tidak dapat memastikan bahwa makanan yang disiapkan di rumah dapat memenuhi semua nutrisi yang dibutuhkan kucing yang merupakan karnivora sejati.

Menurut Pet Food Manufacturers Association, makanan kucing setidaknya harus mencakup 41 nutrisi penting yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi kucing, termasuk protein, lemak, vitamin, mineral, dan karbohidrat. Kelima kelompok nutrisi ini menjadi kebutuhan utama untuk mendukung pertumbuhan dan kesehatan kucing yang optimal.

“Kelima kelompok nutrisi ini menjadi kebutuhan utama untuk mendukung pertumbuhan dan kesehatan kucing yang optimal,” kata Erdwin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Protein

Tidak seperti manusia, kucing adalah karnivora, dan kucing membutuhkan empat kali lebih banyak protein daripada manusia sebagai sumber energi utamanya. Selain itu, protein, yang terbuat dari asam amino, adalah bahan penyusun penting bagi organ dan jaringan kucing.

Meskipun penting, kucing tidak dapat membuat bahan penyusun ini sendiri, maka mereka bergantung pada asam amino esensial tertentu di dalam makanan mereka. Asam amino esensial ini menjadi faktor utama dalam kesehatan kucing karena dibutuhkan untuk meningkatkan fungsi dan regenerasi jaringan tubuh, meningkatkan kesehatan kulit dan bulu, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Lemak

Lemak dalam makanan kucing diperlukan sebagai sumber energi. Lemak terbuat dari asam lemak yang memberikan energi agar kucing tetap aktif dan melindungi organ internal mereka.

Asam lemak esensial adalah asam yang tidak dapat disintesis oleh kucing sendiri, dan karenanya harus disediakan dalam makanan mereka. Kelompok asam lemak utama untuk kucing adalah asam lemak omega, yang berperan penting dalam kesehatan dan nutrisi kucing secara keseluruhan.

Contohnya, asam lemak Omega-3 dibutuhkan untuk mencegah pembekuan darah dan peradangan, sedangkan asam lemak Omega-6 penting untuk menjaga kesehatan kulit dan bulu.

Vitamin

Vitamin juga penting untuk kesehatan kucing. Vitamin membantu meningkatkan penglihatan kucing, menjaga kesehatan sistem saraf, dan membantu mempercepat penyembuhan luka. Vitamin juga dapat menjaga metabolisme lemak, protein dan karbohidrat. Vitamin A dan D adalah dua contoh vitamin yang baik untuk kucing; Vitamin A dapat membantu kucing menjaga sistem kekebalan dan penglihatan yang sehat, sedangkan Vitamin D diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang kucing dengan menyeimbangkan dan mempertahankan kalsium dan fosfor dalam tubuh.

3 dari 3 halaman

Mineral

Mineral

Mineral adalah kunci untuk berbagai fungsi kesehatan kucing, seperti pembentukan enzim, pengangkutan oksigen dan menjaga keseimbangan pH. Kalsium & fosfor adalah mineral penting untuk menjaga agar tulang & gigi tetap kuat, yang sangat penting bagi induk kucing yang sedang mengandung serta anak kucing di tahun-tahun pertama kehidupannya.

Mineral lain seperti natrium, kalium, dan klorida juga dapat membantu menjaga keseimbangan cairan kucing.

Karbohidrat

Hasil riset bertahun-tahun oleh para peneliti dan dokter hewan telah membuktikan bahwa karbohidrat seperti pati dan serat penting bagi kesehatan kucing jika diberi dalam jumlah yang tepat. Misalnya, prebiotik alami dapat membantu untuk meningkatkan kesehatan pencernaan dengan adanya bakteri usus yang baik dan energi yang seimbang untuk lapisan usus kucing.

Memberi makanan dengan campuran kelompok nutrisi ini dapat memenuhi kebutuhan makanan yang lengkap dan seimbang untuk kesehatan yang optimal. Pemilik kucing dapat memberi makanan seperti Whiskas untuk memenuhi kebutuhan tersebut; untuk anak kucing, varian untuk kucing junior mengandung DHA dan kolostrum, yang dibutuhkan anak kucing untuk perkembangan otak & matanya serta sistem kekebalan yang sehat terutama untuk mereka yang baru lahir.

Rangkaian makanan untuk kucing dewasa juga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi lengkap dengan adanya 41 nutrisi penting dibutuhkan untuk kesehatan tulang dan gigi, serta menjaga penglihatan dan merawat bulu mereka. Demikian pula, rangkaian makanan senior untuk kucing yang lebih tua mengandung taurin dan kalsium yang bermanfaat bagi kesehatan mata dan tulang serta diperkaya akan serat untuk pencernaan yang sehat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.